Kamis 24 Oct 2019 16:21 WIB

Lukisan Seniman Ottoman Dilelang

Osman Hamdi Bey adalah seorang seniman ternama Ottoman

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Era Dinasti Ottoman.
Foto: Aksitarih.com
Era Dinasti Ottoman.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON --- Sebuah lukisan berusia 129 tahun karya seorang pelukis dan seniman terkemuka era Ottoman dijual seharga 4,5 juta poundsterling atau 5,9 juta dolar Amerika dalam sebuah lelang yang diselenggarakan di Inggris.

Lukisan karya Osman Hamdi Bey berjudul Quranic Instruction, Green Mosque itu dijual dalam pelelangan yang diselenggarakan rumah lelang Sotheby yang berbasis di London.

Seperti dilansir Daily Sabah pada Kamis (24/10) selain lukisan itu beberapa karya terkemuka lainnya juga dipamerkan dalam lelang yang menyita perhatian banyak pecinta barang antik.

Sementara pada, bulan lalu, lukisan lainnya karya Osman Hamdi Bey juga dijual dalam sebuah angka di Inggris dengan harga lebih dari 44 juta lira Turki atau 7,606.534 dolar Amerika.

Osman Hamdi Bey  adalah seorang seniman Turki yang terhormat. Ia mendirikan sekaligus mengelola Museum Arkeologi Istanbul serta Akademi Seni Rupa Istanbul atau Sanayi-i Nefise Mektebi yang saat ini dikenal dengan Universitas Seni Rupa Mimar Sinan di Turki.

Osman Hamdi Bey banyak melukis peristiwa-peristiwa terkait kekaisaran Ottoman dan Timur Tengah yang sesuai dengan kenyataannya. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah The Tortoise Trainer pada 1908.

Osman Hamdi Bey juga melakukan penggalian arkeologi dan berhasil mengungkap sejumlah karya besar dunia dan memamerkan penemuannya itu di Museum Arkeologi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement