Kamis 24 Oct 2019 05:00 WIB

Sulit Tidur, Begini Teladan Rasulullah SAW

Gangguan sulit tidur bisa menimpa siapa saja.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto:

Hal serupa juga pernah dialami oleh Khalid bin Walid al-Makhzumi ra. Buraidah mengisahkan bahwa Khalid pernah mengeluh kepada Rasulullah saw tentang sulit tidur. Lantas, Rasulullah saw menjawab, "Apabila engkau telah berbaring di tempat tidur, maka ucapkanlah, 'Ya Allah, Tuhan Pencipta tujuh langit dengan segala yang dinaunginya, Tuhan Pencipta seluruh jagat raya dengan apa yang dikandungnya, Tuhan Pencipta setan-setan dengan segala yang disesatkannya, jadilah Engkau Ya Allah Pendamping yang Melindungiku dari segala kejahatan yang akan diperbuat makhluk-makhluk-Mu kepadaku, atau siapa saja yang akan menyakiti dan menyerangku. Matatinggi Engkau dan tiada Tuhan selain Engkau' (HR. at-Tirmidzi).

Di dalam Islam, tidur tidak hanya rutinitas yang dilakukan sekehendaknya. Namun, ada tuntunan bagaimana persiapan menjelang tidur dan setelah tidur seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah saw.

Rasulullah saw sendiri memiliki sejumlah kebiasaan yang dilakukannya menjelang tidur. Dikutip dari buku berjudul "Meneladani Akhlak Nabi" karya Abu asy-Syaikh al-Ashbahani, ketika hendak tidur Rasulullah saw seperti diriwayatkan Aisyah, beliau merapatkan dan meniup kedua telapak tangannya serta membaca do'a perlindungan pada kedua telapak tangan tersebut, lalu mengusapkannya ke sekujur badannya. Dalam hadits riwayat Muslim, beliau mengusapkan tangannya ke badannya dimulai dari kepala, wajah, lalu bagian depan badannya, dan beliau melakukannya 3 kali.

Selain itu, Nabi saw juga membaca surat-surat permohonan perlindungan. Di antaranya, surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas, ayat Kursi, dan beberapa ayat terakhir surat al-Baqarah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement