Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

MI di Oku Terus Berupaya Berantas Buta Huruf Alquran

Rabu 23 Oct 2019 23:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Alquran

Alquran

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Upaya berantas buta huruf Alquran dengan menghafal ayat-ayat suci.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan terus berupaya memberantas buta huruf Alquran melalui kegiatan pembelajaran dan menghafal Ayat-ayat Suci.

"Kami menginginkan seluruh murid MI Negeri 2 OKU ini setelah lulus nanti bebas buta huruf Al Quran," kata Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Ogan Komering Ulu (OKU), Agustina di Baturaja, Rabu (23/10)..

Dia mengemukakan, dalam upaya memberantas buta huruf alquran tersebut pihaknya menerapkan membaca Iqra dan hapalan juz Amma yang dibaca seluruh siswa setiap harinya.

"Kegiatan membaca Iqra dan hapalan juz Amma ini dilakukan setiap hari secara bergantian mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 07.40 WIB," katanya.

Para guru di sekolah setempat juga dibekali buku catatan siswa guna memantau perkembangan kemampuan para pelajar dalam membaca ayat suci Alquran tersebut.
"Di sekolah kami juga memiliki rumah Tahfidz Quran bagi para siswa untuk mengembangkan bakatnya dalam membaca Alquran," ungkapnya.

Dia menjelaskan, rumah Tahfidz Quran ini menjadi tempat membentuk para juara di sekolah setempat untuk mengikuti berbagai perlombaan yang bernuansa islami.
"Mudah-mudahan dengan adanya program dan Rumah Tahfidz Quran ini dapat membentuk karakter anak untuk menjadi lebih baik agar berguna bagi agama, nusa dan bangsa," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA