Rabu 23 Oct 2019 05:00 WIB

YBM PLN Gandeng Rumah Zakat Gelar Seminar Soal Stunting

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang.

YBM PLN gelar seminar parenting terkait stunting.
Foto: Rumah Zakat
YBM PLN gelar seminar parenting terkait stunting.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Rumah Zakat Balikpapan bekerja sama dengan Yayasan Baitul Maal Perusahaan Listrik Negara (YBM PLN) Wilayah Kaltimra melaksanakan kegiatan seminar Parenting orang tua Juara wilayah pembinaan Balikpapan Barat. Kegiatan ini dilaksanakan sekali dalam sebulan disaat penyaluran program beasiswa anak juara.

Materi yang disampaikan kepada orang tua bisa berupa ilmu agama, pola asuh anak dan kesehatan. Pertemuan parenting kali ini diisi dengan seputar kesehatan dengan menghadirkan Dr. Fatimah selaku Pimpinan Puskesmas Baru Ilir lokasi pembinaan Anak Juara berada. Tema yang diangkat kali ini adalah ‘Mengenal Stunting dan Efeknya pada Pertumbuhan Anak.’

Baca Juga

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun.

“Selain pertumbuhan terhambat, stunting juga dikaitkan dengan perkembangan otak yang tidak maksimal, yang menyebabkan kemampuan mental dan belajar yang kurang, serta prestasi sekolah yang buruk. Stunting dan kondisi lain terkait kurang gizi, juga dianggap sebagai salah satu faktor risiko diabetes, hipertensi, obesitas dan kematian akibat infeksi,” ujar Dr. Fatimah menjelaskan.

Dengan materi ini orang tua belajar dan memahami mencegah stunting pada anak dan dapat menularkan pengetahuan kepada orang lain.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement