Ahad 20 Oct 2019 18:43 WIB

Harapan Ketum PP Muhammadiyah Untuk Presiden dan Wapres

Ketum PP Muhammadiyah menyebut tantangan Indonesia ke depan sangatlah berat.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Agung Sasongko
Presiden Joko Widodo memberikan salam usai memberikan pidato awal masa jabatan presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Ahad (20/10/2019).
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo memberikan salam usai memberikan pidato awal masa jabatan presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Ahad (20/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nasir menyampaikan selamat atas pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Dia berharap presiden dan wakil presiden dapat menunaikan amanat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya untuk mengayomi serta menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia.

Haedar mengingatkan dan berpesan kepada presiden dan wakil presiden yang baru saja dilantik bahwa tantangan Indonesia lima tahun ke depan sangatlah berat. Pertama, menyatukan seluruh rakyat pasca pemilihan presiden yang membelah dan pasca peristiwa di Wamena, Papua yang meninggalkan luka sosial.

Baca Juga

"Tantangan kedua, menyelesaikan kesenjangan sosial dan pemberantasan korupsi yang menjadi problem krusial bangsa," kata Haedar kepada Republika, Ahad (20/10).

Ia mengatakan, tantangan ketiga, menjaga kedaulatan tanah air dari asing maupun domestik yang membuat kekayaan Indonesia tidak dapat dimanfaatkan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Keempat, menciptakan good governance agar pemerintahan bersih dan pemerintah untuk kepentingan rakyat.

Tantangan kelima, membangun konsolidasi demokrasi yang sejiwa dengan konstitusi serta tidak semakin liberal. "Kami percaya pak Jokowi dengan pengalaman lima tahun memimpin tentu semakin paham bagaimana membangun Indonesia menjadi maju, adil, makmur, bersatu, dan berdaulat sebagaimana dicita-citakan para pendiri bangsa," ujarnya.

Pada Ahad (20/10) diselenggarakan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi dan Ma'ruf Amin, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta. Pelantikan berlangsung lancar dengan pengamanan sangat ketat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement