Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Video Gim Ini Bantu Ubah Stereotip Muslim

Ahad 20 Oct 2019 08:24 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari

Wanita Muslim

Wanita Muslim

Selama ini muslim kerap distereotipkan sebagai kaum tertindas atau teroris.

REPUBLIKA.CO.ID, SHEFFIELD -- Sebuah aplikasi video gim baru diluncurkan untuk mengubah stereotip terkait muslim. Islamic Relief meluncurkan sebuah permainan, Virtue Reality di National Video Game Museum, Sheffield, Inggris, Sabtu (19/10).

"Kita terbiasa melihat wanita muslim direpresentasikan sebagai lemah dan tertindas, dan kita terbiasa melihat pria diwakili sebagai seorang teroris dan penjahat," kata Judith Escribano dari Islamic Relief, dilansir BBC, Ahad (20/10).

"Hal itu bukan seperti seorang muslim, Bukan seorang muslim yang saya kenal dan bekerja setiap harinya," ucap Escribano.

Virtue Reality merupakan sebuah permainan yang menunjukkan pekerja bantuan membantu di negara-negara, yang dilanda kemiskinan. Gim coba menunjukkan karakter muslim yang membantu di daerah membutuhkan. Pemain bisa mendapatkan uang dengan menyelesaikan proyek, seperti membangun sebuah sekolah.

Anak-anak sekolah, yang memainkan permainan pada hari peluncuran di Sheffield, menyatakan mereka bangga melihat muslim digambarkan secara positif. "Saya bangga karena itu mewakili komunitas muslim dan apa yang mereka lakukan," kata seorang siswi muslim.

Badan amal itu berharap, aplikasi gratis itu akan mengubah persepsi sesorang, Salah satu caranya dengan menunjukkan pekerjaan yang dilakukannya bisa membantu orang lain.



Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA