Sabtu 19 Oct 2019 09:55 WIB

Said Aqil: Serahkan Amanah Sesuai Ahlinya

Alquran memberi petunjuk orang yang mencapai kebenaran itu adalah orang yang berilmu.

Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj bersama tokoh lintas agama dan iman menyampaikan pernyataan sikap untuk Papua damai di gedung PBNU, Jakarta, Senin (9/9).
Foto: Republika/Fuji E Permana
Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj bersama tokoh lintas agama dan iman menyampaikan pernyataan sikap untuk Papua damai di gedung PBNU, Jakarta, Senin (9/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siroj meminta setiap pihak untuk menyerahkan amanah kepada mereka yang sesuai keahliannya. "Alquran memberi petunjuk bahwa orang yang mencapai kebenaran itu adalah orang yang berilmu, artinya kebenaran harus berdasarkan ilmiah. Maka kebenaran di bidang teknik sipil, kesehatan dan lainnya harus proporsional," kata Said dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (19/10.

Said menyampaikan hal itu dalam rangkaian perjalanan silaturrahim dan ziarah rombongan PBNU dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) ke-4 di beberapa tempat. Silaturrahim diakhiri dengan khutbah Jumat Ketua Umum PBNU di Masjid Jami Sunan Ampel, Surabaya, Jumat (18/10).

Baca Juga

Untuk mengerti agama, Said mengatakan seseorang harus paham Alquran, hadits, ijma dan qiyas. "Begitu juga agama agar mengerti agama harus mengikuti para ulama yang ahli agama," kata dia.

"Kalau kita mobilnya rusak ya kita serahkan pada bengkel mekanik, kalau sakit ya ke dokter, kalau kita ingin ngerti ekonomi ya panggil sarjana ekonomi, jangan terbalik. Mau ngerti agama ke ahli mekanik, mau ngerti ekonomi ke dokter, bisa rusak itu," katanya.

 

Ketua panitia perjalanan silaturahmi dan ziarah rombongan PBNU dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) ke-4, KH Aizzudin Abdurrahman (Gus Aizz), mengatakan segala rangkaian acara berjalan lancar dan penuh khidmat. "Syukur alhamdulillah mulai dari perjalanan hingga akhir acara ini berjalan selamat, lancar dan penuh hikmat. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaranya" kata Ketua PBNU Gus Aizz.

Ia mengatakan para ulama NU telah berjuang bukan hanya untuk NU tapi juga untuk bangsa dan negara. Semoga santri bisa mengambil hikmah dari perjalanan silaturrahim dan ziarah bahwa kita harus menghargai dan tidak boleh melupakan perjuangan mereka "Maka ziarahi dan doakan mereka," kata cucu Pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari, tersebut.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement