Jumat 18 Oct 2019 04:33 WIB

'Tajsim' Versi Muslim non-Asy'ariyah Dan Hindu Hare Krishna

Tasjim' Versi Muslim non-Asy'ariyah Dan Hindu Hare Krishna

Dewa Khrisna
Foto: Menachem Ali
Dewa Khrisna

Oleh: Menachem Ali, Dosen Philology Universitas Airlangga

Kaum Hindu Hare Krishna (ISKCON) juga mengenal nama الله (ALLAH) sebagai Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini sebagaimana penjelasan AC. Bhaktivedanta Swami Prabhupada dalam uraiannya mengenai ayat suci Weda. Ayat suci yang termaktub dalam kitab Bhagavad-gita X.7 menyebutkan demikian:

etam vibhutim yogam ca

mama yo vetti tattvatah

so 'vikalpena yogena

yujyate natra samsayah

من يقر بان هذا المجد هو مجدي

وهذه القوة هي قوتي في الحقيقه

يكرس نفسه في خدمتي

هذا مما لا شك فيه

("Orang yang sungguh yakin tentang kemulian-Ku dan kekuatan batin-Ku ini menekuni bhakti yang murni dan tidak dicampur dengan hal-hal lain, kenyataan ini tidak dapat diragukan").

ان ذروة الكمال الروحي تتمثل بمعرفة الاله الشخصي الاسمي. وما لم ترسخ قناعة الفرد في مختلف غني ومقدرات المولى، لا يمكن له ان ينشغل في الخدمة المكرسة. يعلم البشر غالب ان الله كبير. لكنهم لا يعلمون بالتفصيل كم كبير هو الله.

("Puncak tertinggi kesempurnaan rohani adalah pengetahuan tentang Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa. Kalau seseorang belum yakin dengan mantap tentang berbagai kehebatan Tuhan Yang Maha Esa, ia belum dapat menekuni bhakti. Pada umumnya orang mengetahui bahwa sesungguhnya ALLAH Mahabesar, tetapi mereka belum mengetahui secara terperinci bagaimana ALLAH sebagai Dia Yang Mahabesar"). Lihat AC. Bhaktivedanta Swami Prabhupada. Bhagavad-gita bil Lughah al-'Arabiyyah (Tel-Aviv: Dar Bhaktivedanta, 1972), hlm. 497

Srila Prabupada berkata: كم كبير هو الله (kam kabir huwa ALLAH), lit. "bagaimana Dia ALLAH sebagai Yang Mahabesar." Oleh karena itu, pengagungan nama ALLAH sebagai الاسم (Al-Ism), lit. "Sang Nama" bukanlah hak eksklusif hanya bagi umat Islam saja. Kaum Sikh, Yahudi dan Kristen juga menggunakan nama sakral tersebut sebagai "proper name" (nama diri-Nya). Namun, mereka menggunakan nama itu sesuai dengan kaidah gramatika bahasa Arab yang benar.

Komunitas Hindu Hare Krishna (ISKCON) memiliki kesamaan pandangan dengan komunitas Muslim Salaf(i), terutama berkaitan dengan konsep "tajsim." Menurut aqidah komunitas Hindu (ISCKON), Sri Krishna adalah sumber dari asul-usul penciptaan Brahma, Wishnu, dan Siwa. Hal ini sebagaimana teks berbahasa Sanskrit yang termaktub dalam kitab suci Bhagavad-gita X.8 Sri Krishna bersabda:

aham sarvasya prabhavo

mattah sarvam pravartate

iti matva bhajante mam

budha bhava-samanvitah

"Aku adalah sumber segala dunia spiritual dan dunia material. Segala sesuatu berasal dari-Ku. Orang bijak yang mengetahui hal ini tekun dalam bhakti kepada-Ku dan memuja-Ku dengan segenap hatinya."

Dalam kitab suci Weda, khususnya kitab Brahma Purana I.1.4 terdapat nas yang berbunyi demikian.

vande krishnam gunatitam param brahma acyutam yatah

avirbabhruvah prakriti brahma vishnu shivadayah

(“Hamba menyampaikan sembah sujud pada Sri Krishna, yg berada diluar pengaruh 3 sifat alam (sattvam, rajas, tamas). Sri Acyuta (Krishna) adalah Brahman Yang Paling Utama, dari Dialah muncul Brahma, Vishnu dan Siwa dan seluruh dunia”).

Selain itu, kitab suci Atharva-veda, khususnya bagian "Krisnopanishad" juga menyatakan hal yang sama, sebagaimana teks berbahasa Sanskrit yang berbunyi demikian.

om krishno vai sac-cid-ananda-ghanah

krishna adi purushah

krishnah purushottamah

krishno ha u karmadi mulam

krishnah saha sarvai-karyah

krishna kasham krid-adisha mukha-prabhu-pujyah

krishno nadis-tasmin-ajandantar bahye

yam-mangalam tal-labhate kriti

(”Warna Sri Krishna bagai awan menjelang hujan, karena itu Krishna diumpamakan bagai awan rohani yg penuh kekekalan, pengetahuan dan kebahagiaan. Dia adalah Kepribadian awal, dan Dia adalah asal mula dari segala aktivitas dan hanya Dia sebagai penguasa segala sesuatu. Sri Krishna adalah Tuhan sesembahan semua dewa yang terbaik. Dia adalah pengendali Brahma, Vishnu dan Siwa. Krishna tiada berawal. Kemujuran apa pun yang ada di dalam dan di luar alam semesta ini, hanya didapatkan pada Krishna sendiri").

Bahkan, disebutkan pula dalam kitab Sruti-Weda, khususnya kitab Gopaltapani Upanisad 1.3 disebutkan nas demikian.

Krishno vai paramam daivatam

("Sri Krishna adalah wujud Tuhan Yang Maha Esa").

Dalam pengajaran teologis komunitas Hindu Hare Krishna (ISKCON), Sang Maha Pencipta itu sebenarnya wujudnya personal (Arabic: "tajsim"), bukan impersonal. Itulah sebabnya Dia dikenal sebagai "Narayana." Konsep ini sebenarnya sepadan dengan aqidah kaum Muslim Salaf (i) yang juga mengajarkan bahwa ALLAH itu sebenarnya personal tetapi tidak seperti makhluk-Nya. Perbedaannya, kaum Hindu Hare Krishna membenarkan membuat "pratima" Sang Maha Pencipta, sedangkan kaum Muslim Salaf(i) tidak membenarkan membuat gambar atau patung Sang Maha Pencipta.

AC. Bhaktivedanta Swami Prabhupada menjelaskan mengenai hakekat Sri Krishna sebagaimana yang dijelaskan dalam komentar kitab Sri Isopanishad:

اما فراها برانا فتقول: نراينا هو الله، الشخص الامثل، ومنه اتى براهما ذو الرؤوس الاربعة؛ وكذلك منه صدر بالتالى ردرا العالم بكل شىء.

"Juga dinyatakan dalam kitab Varaha Purana: Narayana Dialah ALLAH. Brahma yang berkepala 4 terwujud dari Narayana. Begitu pula Rudra, yang kemudian mengetahui segala sesuatu." Lihat. AC. Bhaktivedanta Swami Prabhupada. Sri Isophanishad bil Lughah al-'Arabiyyah (Tel-Aviv: Dar Bhaktivedanta, 1972), hlm. 69

AC. Bhaktivedanta Swami Prabupada menjelaskan bahwa sebutan "Narayana" itu merujuk kepada wujud Krishna berlengan 4 yang berkuasa di planet-planet Vaikuntha. Lihat Bhagavad-gita Menurut Aslinya (Jakarta: Hanuman Sakti, 2000), hlm. 870. Itulah sebabnya Sri Krishna disapa sebagai "Narayan" karena Sri Krishna dinyatakan sebagai TUHAN yang berwujud yang memiliki 4 lengan, Tuhan berwujud (personal) ini tidak sama wujud hakikinya dengan tangan/lengan manusia atau pun tangan semua ciptaan-Nya.

Jangan bertanya mengenai كيفية (kaifiyah) tentang Dia. Komunitas Hindu (ISCKON) ini sangat tidak membenarkan adanya ta'wil (baca: anti-ta'wil) terhadap nas kitab suci, dan memahami nas apa adanya tanpa ta'wil. Bila Anda memahami TUHAN sebagai Tuhan yang tidak berwujud (impersonal), maka semestinya Anda tidak memahami Tuhan yang sebenarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement