Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Sedekah Jelantah untuk Dukung Lansia Sehat

Selasa 15 Okt 2019 03:08 WIB

Red: Gita Amanda

Program Sedekah Jelantah Rumah Zakat

Program Sedekah Jelantah Rumah Zakat

Foto: Rumah Zakat
Dengan hanya membawa jelantah warga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Rumah Zakat Depok bekerja sama dengan Yayasan Cita Sehat membuka program sedekah jelantah untuk menyokong pelayanan kesehatan lansia di RW 19 Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok.

Kegiatan pembukaan program ini bertujuan untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh minyak bekas pakai (jelantah). Juga untuk mengurangi penggunaan kembali minyak yang sudah tidak layak untuk digunakan oleh warga.

Dengan hanya membawa jelantah, warga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan berupa senam, cek tensi, gula darah, dan asam urat. Data kondisi kesehatan tubuh tersebut dapat digunakan untuk pelengkap data posbindu sehingga bisa menjadi dasar untuk melaksanakan program-program bagi lansia kedepannya.

Warga mengumpulkan jelantah untuk nantinya dijual kepada bank jelantah cabang Depok. Selanjutnya jelantah yang sudah terkumpul di bank jelantah akan diolah menjadi biodiesel.

Uang penjualan jelantah yang terkumpul, akan digunakan kembali untuk kegiatan kesehatan warga di RW 19 Abadijaya. Kegiatan ini mendapat dukungan positif dari pihak Puskesmas, Kelurahan, Ketua RW dan RT, Kader Kesehatan, serta warga setempat.

"Terima kasih kepada Rumah Zakat sudah mengadakan program ini, sehingga dengan hanya membawa jelantah saya bisa mendapat cek kesehatan," ujar Dijah, 50 tahun, warga RW 19 Abadijaya.

Dengan bersedekah jelantah yang tadinya tidak bernilai ekonomis dan malah menimbulkan pencemaran lingkungan dan tidak baik bagi kesehatan tubuh, Rumah Zakat bisa sama-sama membangun program berkelanjutan untuk lansia yang lebih sehat.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA