Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Pesan dan Kesan UAS untuk UII Yogyakarta

Sabtu 12 Oct 2019 18:23 WIB

Red: Hasanul Rizqa

Ustaz Abdul Somad di masjid ulil albab kampus UII Yogyakarta, Sabtu (12/10)

Ustaz Abdul Somad di masjid ulil albab kampus UII Yogyakarta, Sabtu (12/10)

Foto: dok. ist
UAS berharap UII Yogyakarta tetap perjuangkan integrasi Islam dan ilmu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ustaz Abdul Somad (UAS) mengapresiasi Universitas Islam Indonesia (UII) yang telah menerimanya sebagai pembicara dalam acara bertajuk “Seminar Moderasi Islam #3: Integrasi Islam dan Ilmu Pengetahuan.”

Baca Juga

Seminar itu berlangsung pada siang hingga sore hari ini, Sabtu (12/10), di Masjid Ulil Albab, Kampus Terpadu UII, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selain UAS, turut hadir pula Rektor UII Fathul Wahid dan akademisi UII Dr Nurkholis.
Sebelum acara tersebut dimulai, warga kampus UII sudah memadati area Masjid Ulil Albab. Mereka sengaja datang lebih awal untuk menyambut dai peraih anugerah Tokoh Perubahan Republika 2017 itu.

Saat seminar berlangsung, hadirin menyimak dengan penuh perhatian. Sesekali, tawa mereka pecah saat mubaligh tersebut melontarkan kelakar ringan di tengah uraian. Acara berjalan lancar hingga usai sekitar waktu shalat ashar.

photo
Hadirin menyimak uraian dari Ustaz Abdul Somad di Masjid Ulil Albab, Kampus UII, Sleman, DIY, Sabtu (12/10)

UAS mengaku terkesan dengan sambutan yang hangat dari seluruh elemen kampus UII dan warga DIY umumnya yang mengikuti seminar tersebut. Alumnus Universitas al-Azhar Mesir itu mengatakan, UII merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang unggul di Tanah Air. Dia pun berharap, UII semakin konsisten meneguhkan semangat menebar kebaikan bagi semesta (rahmatan lil alamin) serta mencetak generasi yang cerdas dan islami.

“Saya berharap, UII tetap mendidik generasi wasathiyyah atau moderat. Menyebarluaskan rahmatan lil'alamin. Cinta agama dan bangsa dalam satu hembusan napas mereka,” kata UAS saat dihubungi Republika.co.id dari Jakarta, Sabtu (12/10) petang.

Alumnus Darul Hadis Maroko itu menambahkan, tema yang diangkat dalam seminar kali ini begitu relevan. Sebab, dia menilai, perjuangan untuk menyelaraskan antara iman, akhlak, dan ilmu masih perlu dilakukan umat Islam, khususnya kalangan akademisi Muslim. Dalam hal ini, UAS meyakini UII berada di jalur yang tepat.

“Harapannya, civitas akademika UII tetap memperjuangkan integrasi Islam dan ilmu pengetahuan. Pesan untuk pihak kampus UII, semoga tetap memprioritaskan beasiswa untuk para penghafal Alquran,” ujar dai kelahiran Asahan, Sumatra Utara, tahun 1977 itu.

photo
Ustaz Abdul Somad (UAS) didampingi Rektor UII Fathul Wahid dan akademisi UII Dr Nurkholis saat mengisi seminar di Masjid Ulil Albab, Kampus UII, Sleman, DIY, Sabtu (12/10)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA