Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Jenguk Wiranto, Menag: Mari Doakan Bangsa Lolos Ujian

Kamis 10 Okt 2019 22:08 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Nashih Nashrullah

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Foto: Republika/Prayogi
Menag mengajak masyarakat untuk saling menghargai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, memerintahkan jajarannya untuk mengajak pemuka agama mendoakan keselamatan semua elemen bangsa. Terlebih bagi setiap orang gang memberikan dedikasi kepada bangsa dan negara.

Baca Juga

"Saya sudah perintahkan jajaran Kemenag mengajak tokoh-tokoh agama, pemuka agama, pimpinan majelis agama untuk mendoakan," ujar Lukman usai menjenguk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (10/10).

Lukman menjelaskan, doa tersebut bukan hanya ditujukan bagi seluruh penyelenggara negara dan aparatur sipil negara, melainkan juga bagi setiap orang yang telah memberikan dedikasi pengabdian bagi bangsa dan negara. Dia mendoakan agar mereka semua diberi perlindungan dan dijaga kesehatan serta keselamatannya.

"Saya juga mendoakan mengajak mudah-mudahan bangsa ini bisa segera lolos dari musibah, ujian, cobaan yang kita hadapi sekarang supaya bisa hidup lebih baik di masa depan," katanya.

Dia mengatakan, kejadian yang menimpa Wiranto itu setidaknya membuat semua pihak untuk semakin meningkatkan kewaspadaan. 

Bagaimanapun, menurut Lukman, setiap orang dituntut untuk berikhtiar dan berusaha menjaga keselamatan dirinya masing-masing.

Terkait pelaku yang diduga terpapar paham radikal, Lukman menerangkan, setiap agama pada intinya mengajarkan untuk selalu menghargai harkat dan martabat manusia. Pokok ajaran dari agama adalah untuk kemanusiaan itu sendiri.

"Sekeras dan sepanjang apapun perbedaan di antara kita, jangan sampai atas agama justru melakukan tindakan-tindakan yang bertolak belakang dengan inti pokok ajaran agama itu sendiri," katanya.

Setiap agama pun, kata dia, menolak cara-cara kekerasan dalam mengatasi persoalan-persoalan yang ada. Setiap agama, pasti mengajak untuk mewujudkan kedamaian dengan menebarkan kasih dan sayang.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA