Rabu 25 Sep 2019 22:51 WIB

Bantu Korban Asap, Mandiri Syariah Dirikan Rumah Aman Asap

Di rumah aman asap, masyarakat dapat memperoleh layanan kesehatan.

Rep: LIda Puspaningtyas/ Red: Dwi Murdaningsih
Ibu dan anak-anaknya mengenakan masker saat mengunjungi Rumah Aman Asap di Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (25/9/2019).
Foto: Antara/FB Anggoro
Ibu dan anak-anaknya mengenakan masker saat mengunjungi Rumah Aman Asap di Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (25/9/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) bersama nasabah dan Lembaga Amil Zakat Nasional, Bangun Sejahtera Umat bergerak membuat program Ekspedisi Mandiri Syariah Melawan Asap. Program berupa pengadaan rumah aman asap, layanan kesehatan dan mobile klinik serta penyediaan makanan sehat dan bergizi bagi masyarakat Riau.

Corporate Secretary Mandiri Syariah Ahmad Reza menyampaikan Mandiri Syariah sangat prihatin atas kondisi bencana asap yang melanda Riau dan daerah sekitarnya. Bank berupaya memberikan bantuan bagi masyarakat dengan menurunkan sejumlah relawan dan enam orang tenaga medis.

Baca Juga

"Kami mendirikan rumah aman asap yang berlokasi di Jl. Suka Karya Gang Apris Panam Pekanbaru dan di Kantor Cabang Riau," kata Reza melalui siaran pers, Rabu (25/9).

Rumah aman asap yang dikondisikan kedap asap dan dilengkapi fasilitas air purifier (pemurni udara), oksigen, AC, dan lainnya dapat menampung hingga 30 orang. Berfungsi sekaligus sebagai pos pelayanan kesehatan, rumah ini terbuka untuk umum dengan prioritas bagi ibu hamil, bayi dan anak-anak, manula serta orang dalam kondisi lemah atau sakit.

Di rumah aman asap, masyarakat dapat memperoleh layanan kesehatan berupa pemeriksaan oleh dokter. Mereka juga bisa mendapatkan obat-obatan yang dibutuhkan, masker N95 dan berbagai multivitamin. Sampai saat ini Mandiri Syariah telah menyebar lebih dari 21 ribu masker N95 dan lebih dari 3.000 paket multivitamin bagi masyarakat Riau.

"Kami prihatin dengan kondisi bencana ini karena dapat berdampak pada gangguan pernapasan seperti ISPA dan lainnya," katanya.

Region Head I Mandiri Syariah Ahmad Zainal menambahkan Mandiri Syariah juga menerapkan standar pemberian makanan bergizi pada anak bayi dan balita. Meski dalam keadaan bencana, harus tetap memperhatikan asupan gizi ibu hamil, bayi dan anak.

Hal ini juga dilakukan untuk mencegah stunting pada anak di wilayah terdampak bencana. Mandiri Syariah memastikan penyediaan makanan sehat dan bergizi untuk anak-anak termasuk makanan tambahan pendamping ASI untuk bayi.

Total nasabah Mandiri Syariah Area Pekanbaru mencapai lebih dari 330 ribu orang tersebar di 26 outlet di area Pekanbaru. Hingga saat ini layanan nasabah di seluruh outlet dan 51 ATM di area dan di dalam kota Pekanbaru berjalan dengan normal.

Lida Puspaningtyas

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement