Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Peduli Korban Asap, Baznas Kumpulkan Tanda Tangan Masyarakat

Jumat 20 Sep 2019 04:00 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Dwi Murdaningsih

Tomi memakai masker untuk menghalau kabut asap kebakaran hutan dan lahan di Pekanbaru, Riau, Kamis (19/9).

Tomi memakai masker untuk menghalau kabut asap kebakaran hutan dan lahan di Pekanbaru, Riau, Kamis (19/9).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Penggalangan tanda tangan di sela festival kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengajak masyarakat untuk peduli dengan kondisi warga terdampak kabut asap, akibat kebakaran hutan dan lahan di berbagai wilayah saat ini. Dukungan masyarakat ditunjukkan melalui tanda tangan yang dibubuhkan di papan kepedulian, yang sudah dipasang selama dua hari.

Ajakan kepedulian ini dilakukan di sela Acara Festival Kopi Nusantara, yang diadakan oleh Bank Indonesia bekerja sama dengan sejumlah Bank BUMN di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta. Ratusan pengunjung yang sedang menikmati acara, antusias memberikan dukungannya kepada warga terdampak kabut asap.

“Saat ini tim Baznas sedang berada di Riau, Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat untuk melakukan sejumlah aksi, demi meringankan beban warga terdampak. Aksi ini terlaksana berkat dukungan masyarakat melalui donasi yang diberikan baik dalam bentuk zakat, infak maupun sedekah,” kata Kepala Divisi Pengumpulan Retail Nasional, Fitriansyah Agus Setiawan, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/9).

Seperti acara Festival Kopi yang mendatangkan cita rasa kopi dari berbagai Provinsi, Baznas juga ingin memanfaatkan momen ini untuk menjadi ajang solidaritas masyarakat Indonesia kepada saudara-saudaranya yang sedang tertimpa musibah.

Fitriansyah mengatakan, melalui aksi ini, Baznas juga melayani masyarakat yang ingin berpartisipasi membantu warga terdampak kabut asap melalui berbagai kanal, seperti Go Pay, transfer bank dan donasi langsung di lokasi aksi.

Kamis (19/9) ini Tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) membantu melakukan aksi pemadaman api bersama BPBD di Lubuk Ranji Pelalawan, Riau serta di Kalimantan Barat. Tim medis dari Rumah Sehat Baznas juga melanjutkan pelayanan kesehatan, di Pekanbaru dan Pelalawan, Riau bekerjasama dengan Puskesmas setempat.

“Baznas membuka layanan shelter, Ruang Ramah Asap di Provinsi Riau, Sumatra Selatan dan Kalimantan Barat dengan memanfaatkan rumah warga, masjid dan sekolah. Ruang Ramah Asap ini diatur sesuai standar kebutuhan udara bersih sehingga layak untuk beristirahat dengan fasilitas kesehatan, makan dan minum tanpa dipungut biaya,” ucap Fitriansyah.

Acara pengumpulan tanda tangan masyarakat ini, diselenggarakan sejak kemarin Rabu (18/9) dan hari ini Kamis (19/9). Hingga hari ini, Baznas juga terus membagikan masker untuk mengurangi dampak bagi warga yang masih harus melakukan aktivitas keseharian.

Berdasarkan informasi dari BNPB pada Rabu (18/9) pukul 16.00 WIB, kebakaran hutan dan lahan masih berlangsung di beberapa Provinsi di Indonesia seperti Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan beberapa gunung di Jawa Barat, Jawa Tengah serta Jawa Timur.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA