Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Kota Bandung Canangkan Kumandang Azan Serentak

Rabu 18 Sep 2019 14:41 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Agung Sasongko

Warga mengumandangkan adzan di Mushola ilustrasi

Warga mengumandangkan adzan di Mushola ilustrasi

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Dengan kumandang azan satu waktu diharapkan masyarakat tidak lagi kebingungan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bekerja sama dengan Badan Hisab Rukyat (BHR) Kota Bandung mencanangkan Gerakan Azan Serentak di seluruh masjid Kota Bandung. Pemkot Bandung ingin azan bisa berkumandang secara bersamaan antara masjid satu dengan masjid lainnya.

Pencananangan gerakan ini diresmikan oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial bersamaan dengan perayaan Gebyar Muharam di Masjid al-Ukhuwah, Kota Bandung, Rabu (18/9). Oded mengatakan, Gerakan Azan Serentak ini menjadi bagian memperkuat visi Bandung Agamis.

Dengan kumandang azan satu waktu diharapkan masyarakat tidak lagi kebingungan dengan waktu shalat. “Nanti diharapkan di Bandung tidak ada lagi azan yang berbeda jadi dalam waktu yang sama. Ini serentak jadi nanti semua masjid di Kota Bandung Azannya dengan pola serentak ini sama,” kata Oded.

Menurut dia, saat ini seringkali azan yang berkumandang antara satu masjid dengan masjid lainnya berbeda. Ini kerap membuat bingung masyarakat untuk menjadikan acuan dalam beribadah.

Ia mengatakan, negara lain seperti di Yordania sudah menerapkan azan berkumandang serentak ini. Karena itu, Kota Bandung sebagai kota agamis perlu meniru untuk diterapkan.

“Manfaatnya kalau ada orang yang sedang aktivitas mendengarkan azan nu iyeu ges beres nu iyeu muncul (yang ini sudah selesai yang ini mulai). Akhirnya tidak akan selesai-selesai. Tapi dengan serentak insya Allah akan sama,” ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA