Kamis 12 Sep 2019 19:38 WIB

Din Yakin Gerakan #IndonesiaDermawan Bisa Kurangi Kemiskinan

ACT diharap bisa menyediakan sebuah sistem agar permasalahan kemiskinan bisa diatasi.

Rep: Zahrotul Octaviani/ Red: Dwi Murdaningsih
Din Syamsudin.
Foto: Act
Din Syamsudin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga Maret 2019, Badan Pusat Statistik (BPS) meyebut lebih dari 25 juta jiwa di Indonesia masih hidup di bawah garis kemiskinan. Sikap kedermawanan dari berbagai pihak menjadi solusi permasalahan kemanusiaan dengan mengedepankan kepentingan bangsa dan negara.

Berbagai dampak akan timbul jika kemiskinan ini terus membelenggu. Upaya pengentasan kemiskinan tidak hanya peran satu pihak, namun seluruh elemen bangsa. Berbagai solusi hendaknya perlu segera digulirkan demi mengentaskan kemiskinan.

Dari data yang disuguhkan, terdapat delapan provinsi yang mengalami kenaikan tingkat kemiskinan. Delapan provinsi itu meliputi Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat dan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara dan Tenggara, Maluku Utara, serta Papua.

Tokoh nasional, Din Syamsuddin menyampaikan lembaga-lembaga filantropi dibutuhkan kontribusinya. Lembaga kemanusiaan ini diharap bisa menyediakan sebuah sistem agar permasalahan kemiskinan ini bisa segera diatasi.

photo
Kemiskinan (ilustrasi)

“Kemiskinan memerlukan kepedulian sosial, solidaritas sosial, kedermawanan. Maka lembaga-lembaga filantropi seperti Aksi Cepat Tanggap (ACT) perlu memikirkan sebuah sistem yang tepat. Sehingga, sistem ini bisa memberdayakan perekonomian, dan akhirnya bisa menuntaskan kemiskinan umat, kemiskinan di masyarakat selama ini,” kata Din dalam keterangan yang didapat Republika, Kamis (12/9).

Din Syamsuddin menambahkan, kedermawanan adalah hal yang nyata dan sudah tertanam di dalam diri bangsa Indonesia. Hal ini terlihat saat terjadi bencana alam.

"Pada saat terjadinya bencana alam atau bencana sosial, terlihat kegairahan, semangat dari berbagai elemen masyarakat mengulurkan tangan kedermawanan, memberikan bantuan bahkan datang langsung ke lokasi,” ujarnya.

Cara kerja filantropi dihasilkan dari semangat kedermawanan  yang organik dengan kesadaran individu maupun kolektif. #IndonesiaDermawan menjadi semangat dalam menghidupkan kembali kebersamaan dalam aksi-aksi kebaikan.

Semangat kebersamaan ini oleh ACT akan terus dihidupkan. Gerakan Nasional #IndonesiaDermawan yang digalakkan oleh ACT bertujuan untuk mengajak seluruh bangsa untuk memberikan kontribusi terbaiknya.

Gerakan ini adalah gerakan inklusif yang berusaha mengajak publik berkontribusi menyelesaikan permasalahan kemanusiaan di Indonesia dan dunia. Caranya bisa berupa advokasi dan implementasi nilai-nilai kedermawanan ke seluruh masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement