Kamis 29 Aug 2019 16:19 WIB

Rumah Zakat Luncurkan Bummas Markaz Domba di Pamoyanan

Bummas awalnya lahir dari kelompok ternak binaan Rumah Zakat.

Rumah Zakat bersama dan masyarakat melakukan launching Badan Usaha Milik Masyarakat (Bummas) Markaz Domba di Desa Berdaya Pamoyanan Bogor Selatan Kota Bogor.
Foto: rumah zakat
Rumah Zakat bersama dan masyarakat melakukan launching Badan Usaha Milik Masyarakat (Bummas) Markaz Domba di Desa Berdaya Pamoyanan Bogor Selatan Kota Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR -- Rumah Zakat bersama dan masyarakat melaksanakan peluncuran Badan Usaha Milik Masyarakat (Bummas) Markaz Domba di Desa Berdaya Pamoyanan Bogor Selatan, Kota Bogor. Bummas berlokasi di The Forest Hotel Bogor Green Forest

"Bummas sebagai wadah untuk langkah nyata keberpihakan kepada masyarakat,yaitu melalui kegiatan pemberdayaan yang diharapkan berkelanjutan," kata Elan Jaelani, Fasilitator Desa Berdaya Pamoyanan.

Bummas Markaz Domba telah berjalan hampir dua tahun. Wadah awalnya, yaitu Kelompok Ternak Berdaya. Setelah dua kali panen hari ini peluncuran Bummas. Bummas selain menyediakan hewan kurban juga bisa melayani Aqiqah melalui Happy Aqiqah.

photo
Rumah Zakat bersama dan masyarakat melakukan peluncuran Badan Usaha Milik Masyarakat (Bummas) Markaz Domba di Desa Berdaya Pamoyanan Bogor Selatan Kota Bogor.

"Keberadaan Rumah Zakat sangat membantu di Pamoyanan, ketika ada bencana angin puting beliung tahun lalu, Rumah Zakat turun membantu kita," kata Hoerudin, Ketua LPM Pamoyanan dalam sambutannya,

Hoerudin mengatakan, saat ini Rumah Zakat membentuk Bummas untuk pemberdayaan ekonomi khususnya di Pamoyanan dengan ternak domba. Bummas juga sangat baik dalam memberdayakan masyarakat petani di Pamoyanan. Ia pun sangat mendukung program ini

Sedangkan perwakilan dari Dinas Pertanian Kota Bogor Iman menyampaikan semakin hari lahan pertanian di Kota Bogor khusuanya di Pamoyanan semakin menyempit. Karena itu butuh inovasi untuk mengembangkannya. Salah satunya adalah Markaz Domba sebagai tempat untuk ternak domba dengan memanfaatkan lahan-lahan yang tidak terlalu besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement