Sabtu 24 Aug 2019 02:00 WIB

Rumah Zakat Action Bantu Kekeringan di Jonggol dan Cibarusah

Rumah Zakat melakukan survei daerah-daerah yang mengalami kekeringan.

Rumah Zakat Action membantu kekeringan di Cibarusah dan Jonggol.
Foto: rumah zakat
Rumah Zakat Action membantu kekeringan di Cibarusah dan Jonggol.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Rumah Zakat Action membantu kekeringan di Cibarusah dan Jonggol. Sebelumnya, relawan Rumah Zakat Cikarang survey menuju daerah yang mengalami kekeringan di Cibarusah, Bekasi dan Jonggol, Bogor.

Hasil survey menemukan daerah yang terkena dampak kekeringan di kecamatan Cibarusah diantaranya Kampung Cicadas Sirnajati, Kampung Pamoyanan Sirnajati, Kampung Angkiran1 Ridogalih, Kampung Angkiran2 Ridogalih. Selain itu, Kampung Hanjuang Ridomanah, Gamblok Ridomanah, Kampung Poncol Ridomanah, Perum TNI, Kampung Gempol 1, Kampung  Gempol 2, Kampung Cihoe atas (Masjid hidayatussalikin), Kampung Cihoe bawah (Musholla Nurul iman), Kampung Putat (Balai desa Ridogalih), Musholla bawah Ridogalih dan Kampung Tempuran desa Ridomanah.

Baca Juga

Namun dari daftar desa tersebut, ada 2 desa yang paling terdampak kekeringan yaitu Kampung Cisaat dan Kampung Cijengkol. Daerah yang terkena dampak kekeringan di Jonggol adalah Kampung Kujang dan Kampung Raweuy.

photo
Rumah Zakat Action membantu kekeringan di Cibarusah dan Jonggol.

Berdasarkan informasi yang di dapat dari warga Kampung Raweuy, kecamatan Jonggol, mereka mengungkapkan bahwa kekeringan sudah mulai terjadi sedari Juni 2019. Kampung ini sebelumnya telah menerima bantuan air bersih dari pemerintah daerah setempat, namun masih belum mencukupi kebutuhan air sehari-hari.

Ada sekitar 200 KK tercatat sebagai warga Kampung Raweuy yang mengaku telah mengalami kekeringan. Kebutuhan air untuk konsumsi dan memasak, sementara bergantung pada air bersih bantuan yang pernah diberikan dari pemda setempat dan dari relawan komunitas lain. Sedangkan untuk kebutuhan MCK, para warga masih memanfaatkan air sungai yang masih tersisa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement