Jumat 23 Aug 2019 11:00 WIB

Tahukah Anda Sugar Berakar dari Bahasa Arab

industri gula berkembang di dunia Islam dan kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Gula
Gula

aREPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menurut Bapak Sejarah Sains, George Sarton, sumbangsih pemikiran dan dedikasi Muslim di Spanyol pada bidang tumbuh-tumbuhanmembuat ilmu botani, pertanian, dan perkebunan berkembang sangat pesat. Dunia perkebunan dan pertanian mengalami kemajuan. “Para ahli botani Muslim membuktikan bahwa sumbangsih peradaban Islam sangat berarti bagi dunia, ujar Sarton.

Tahukah Anda bahwa kata ‘sugar’ yang digunakan bahasa Inggris untuk menyebut gula berakar dari bahasa Arab? Ya, ‘sugar’ berasal dari kata shakar. Sebagai komoditas yang begitu penting, pada tahun 1420-an, produksi gula telah sampai ke Kepulauan Kanari, Madeira, dan Azores. Gula mulai dikenal masyarakat Inggris melalui jalur Prancis, Spanyol, dan Italiako - moditas per kebunan yang berasa manis itu berawal dari dunia Islam.

Perkebunan dan industri gula di Benua Amerika juga berasal dari peradaban Islam. Sejarawan Paul Lunde mengungkapkan, perkebunan tebu yang begitu luas di kawasan Andalusiater utama sekitar Motril begitu produktif pada abad ke-14 dan 15 M. Saat itu,industri gula dikuasai Dinasti Mamluk. Namun, begitu Granada jatuh ke tngan pe nguasa Nasrani, industri gula yang di kuasai peradaban Islam gulung tikar.

Umat Islam yang terusir dari Spanyol pada abad ke-15 M bermigrasi ke Benua Amerika yang disebut Columbus sebagai ‘Dunia Baru’. Pada tahun 1550 M, terca tat ada sebanyak 3.000 penggilingan gula skala kecil di Benua Amerika. Industri gula di Amerika dibangun dengan ban tuan para ahli Muslim yang berasal dari Kepulauan Kanaritentunya menggunakan teknologi yang telah dikembangkan selama berabadabad di dunia Islam.

“Dengan memperkenalkan industri gula ke ‘Dunia Baru’, produk lainnya yang awalnya dimonopoli dunia Islam akhirnya mulai diproduksi di lingkungan baru di luar dunia Islam,’‘ papar Lunde yang juga seorang sarjana yang meneliti Arab.

Begitulah, industri gula berkembang di dunia Islam dan kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia. Kini, Brasil tercatat sebagai produsen gula terbesar di seantero jagad. Selain industri gula, pada era keemasan Islam juga berkembang pesat industri tepung yang berasal dari gandum. Pada zaman itu, industri penggilingan bahan makanan pokok itu berkembang pesat. Industri penggilingan tepung dibangun para insinyur Muslim di hampir seluruh kota Islam.

Salah satu contohnya, pada abad ke- 10 M, industri penggilingan tepung di Baghdad dapat memproduksi 10 ton tepung per hari. Industri penggilingan tepung pertama di Eropa berdiri pada abad ke-12 M di Spanyol Muslim. Pencapaian umat Islam dalam industri pangan tercatat lebih awal dari peradaban Barat. Masyarakat Inggris baru mengembangkan industri tepung pada 1600 M.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement