Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rumah Zakat Dukung Usaha Desa Romben Nihilkan Stunting

Jumat 23 Agu 2019 05:00 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Rumah Zakat melalui Relawan Inpirasi Desa Berdaya mendukung kegiatan posyandu.

Rumah Zakat melalui Relawan Inpirasi Desa Berdaya mendukung kegiatan posyandu.

Foto: rumah zakat
Dana desa juga digunakan untuk mengurangi stunting.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Zakat melalui Relawan Inpirasi Desa Berdaya mendukung kegiatan posyandu. Salah satu tujuannya yakni mengurangi kejadian bayi stunting. Desa Berdaya Romben Guna merdeka dari stanting merupakan salah satu visi kegiatan posyandu yang digalakkan RI RZ Desa Romben Guna.

Baca Juga

Desa Romben Guna merupakan satu dari beberapa desa di Kabupatena Sumenep dengan jumlah bayi stunting terbanyak. Menurut Hepti, Bidan Desa Romben Guna, jumlah anak stunting mencapai 24 anak. Data tiap bulannya fluktuatif. Bisa bertambah, bisa berkurang.

Ada banyak faktor penyebab terjadinya stunting. Salah satunya minimnya asupan makan bergizi dan beragam bagi balita. Tingginya angka stunting ini menjadi perhatian khusus dari segenap elemen desa, khususnya bidan desa dan penggerak kegiatan posyandu.

Pada Kamis (22/8), relawan Inpirasi Desa Berdaya Romben Guna berkolaborasi dengan aparat desa, bidan desa, penggerak posyandu serta tenaga medis dari Puskesmas Dungkek melaksanakan kegiatan Posyandu bertempat di Balai Desa Romben Guna.

photo
Rumah Zakat melalui Relawan Inpirasi Desa Berdaya mendukung kegiatan posyandu.

Antusiasme warga menyambut kegiatan siaga posyandu nampak begitu tinggi. Kegiatan Posyandu dihadiri oleh 97 balita yang rata-rata diantar langsung oleh kedua orang tuanya.

"Ini merupakan kegiatan posyandu dengan peserta terbanyak selama pelaksanaan posyandu di Desa Romben Guna. Semoga RZ bisa terus men-support kegiatan ini. Terima kasih pula kepada semua ibu-ibu yang telah sedia membawa anak-anaknya. Semoga bulan depan antusiasme ibu-ibu tetap terjaga," ujar Hepti .

Support Perangkat desa Romben Guna terhadap kegiatan posyandu juga luar biasa. Mereka menganggarkan Dana Desa untuk pengadaan susu formula yang jumlahnya mencapai 200 buah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA