Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Dompet Dhuafa Gelar Upacara Kemerdekaan Pertama di Ronting

Sabtu 17 Aug 2019 13:26 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Gita Amanda

Inisiator, Pendiri dan Ketua Pembina Dompet Dhuafa Parni Hadi melaksanakan Upacara kemerdekaan di pesisir Pantai Ronting.

Inisiator, Pendiri dan Ketua Pembina Dompet Dhuafa Parni Hadi melaksanakan Upacara kemerdekaan di pesisir Pantai Ronting.

Foto: Dompet Dhuafa
Upacara kemerdekaan dilakukan untuk meningkatkan nasionalisme dan patriotisme warga.

REPUBLIKA.CO.ID, RONTING --  Inisiator, Pendiri dan Ketua Pembina Dompet Dhuafa Parni Hadi melaksanakan Upacara kemerdekaan di pesisir Pantai Ronting. Hari ini menjadi hari bersejarah bagi seluruh warga masyarakat Ronting karena gelaran upacara ini merupakan upacara kemerdekaan pertama bagi warga masyarakat Kampung Ronting.

Menurut Zulfakar (26 tahun) pemuda asal Ronting upacara kemerdekaan ini merupakan upacara pertama di kampungnya. "Ini kali pertama warga Ronting mengikuti upacara,  tahun-tahun sebelumnya belum pernah ada" ujar Fakar.

Upacara kemerdekaan ini dilakukan untuk meningkatkan nasionalisme dan patriotisme pada warga Ronting. Dilaksanakan di depan Masjid Al Istiqomah Ronting, dihadiri perwakilan aparat desa Ronting, siswa/siswi dari sekolah desa Lambaleda, dan segenap tokoh masyarakat desa Lambaleda.

Yang bertindak selaku inspektur upacara adalah Direktur Utama Dompet Dhuafa drg. Imam Rulyawan, MARS sedangkan Petugas upacara seluruhnya berasal dari  pemuda dan pemudi kampung Ronting. Pengibar bendera pada merupakan siswa siswi dari MA Al Hikmah Lambaleda. Dan paduan suara berasal dari siswa/siswa dari Mts Lambaleda.

Dalam amanatnya Parni Hadi mengatakan bahwa Indonesia harus terus berjuang melawan penjajahan kemiskinan. "Berkat rahmat Allah Indonesia sudah merdeka dari penjajahan bangsa lain, tetapi sampai saat ini Indonesia masih harus berjuang agar terbebas dari penjajahan kemiskinan," katanya seperti dalam siaran pers, Sabtu (17/8).

photo
Peresmian Masjid Al Istiqomah Ronting oleh Pendiri Dompet Dhuafa Parni Hadi.

Setelah upacara kemerdekaan berakhir dilanjutkan dengan peresmian Masjid Al Istiqomah Ronting bersama warga Ronting. Masjid yang berhasil dibangun kembali oleh Dompet Dhuafa pada tahun 2018 ini merupakan hasil dari bantuan para donatur Dompet Dhuafa dan dibangun sendiri oleh para warga dengan gotong royong.

Diresmikan dengan prosesi gunting pita dan penanda tanganan prasasti, Parni Hadi mengajak semua hadirin untuk bisa ikut meresmikan masjid dengan cara mengacungkan tangan dan mengikuti gerakan beliau bersama-sama.

Dalam prosesi peresmian Parni Hadi berpesan agar warga Ronting ikut membantu dalam menjaga dan memakmurkan masjid yang telah dibangun. "Saya mengajak untuk bersama-sama menjaga, dan memakmurkan masjid,  baik jamaahnya,  lingkungannya maupun tamu yang berkunjung ke rumah Allah SWT ini," ajak Parni.

Acara peresmian diakhiri dengan ramah tamah sujud syukur dan berdoa bersama dengan warga masyarakat Ronting di dalam masjid dan ditutup dengan ramah tamah dengan warga Ronting.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA