Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

BNI Syariah Salurkan Hewan Kurban di Probolinggo

Jumat 16 Aug 2019 02:30 WIB

Red: Agung Sasongko

BNI Syariah Kantor Cabang Probolinggo bekerja sama dengan Madrasah Aliyah (MA) Zainul Hasan 1 Genggong Pesantren Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo untuk penyaluran hewan kurban

BNI Syariah Kantor Cabang Probolinggo bekerja sama dengan Madrasah Aliyah (MA) Zainul Hasan 1 Genggong Pesantren Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo untuk penyaluran hewan kurban

Foto: Dok BNI Syariah
Penyaluran kurban di Probolinggo merupakan bagian dari program Qurbanku Hasanahku.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BNI Syariah Kantor Cabang Probolinggo bekerja sama dengan Madrasah Aliyah (MA) Zainul Hasan 1 Genggong Pesantren Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo dalam penyembelihan dan menyalurkan hewan kurban, Selasa Kemarin.

Pelaksanaan Qurbanku Hasanahku bertempat di halaman kantor MA Zainul Hasan 1 Genggong. BNI Syariah Kantor Cabang Probolinggo menyerahkan 1 ekor sapi dan 5 ekor kambing.Hadir dalam kesempatan tersebut, Jajaran Pengasuh, Biro Pendidikan, serta segenap Kepala Sekolah/Madrasah se - Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong.

"Kami sangat berterima kasih kepada MA Zainul Hasan 1 Genggong, Probolinggo yang telah menerima kerjasama baik ini. Semoga kegiatan ini bernilai ibadah dan manfaat sehingga mampu menjadi wadah bagi masyarakat, nasabah, maupun karyawan dalam menyalurkan hewan kurban secara tepat sasaran dan menjangkau penerima manfaat lebih luas seperti yang diharapkan," ujar Suyatna Putra Pamungkas, selaku Pimpinan BNI Syariah Kantor Cabang Probolinggo, dalam siaran persnya, Jumat (16/8).

Kegiatan kurban yang diadakan BNI Syariah pada tahun ini berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, yaitu dilaksanakan dengan bekerja sama ke beberapa Sekolah, Madrasah, dan lembaga pendidikan seluruh cabang BNI Syariah di seluruh Indonesia, dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan atau sejarah terkait qurban  sekaligus literasi keuangan syariah.

“Kami fokus pada literasi, kita lebih pada penekanan untuk membedakan keberadaan perbankan syariah dengan perbankan konvensional. Kami kenalkan sisi lainnya secara sederhana," katanya.

Menurut dia, kegiatan literasi perbankan yang dirangkai kegiatan berqurban dengan sasaran para pelajar tersebut memang perlu dilakukan, pemberian pemahaman sejak dini tersebut manfaatnya akan bisa dipetik dimasa mendatang. Untuk itu mereka melakukan pendekatan dengan memberi pengetahuan sejarah melalui media story telling yang di ikuti santri – santriwati MA Zainul Hasan 1 Genggong. Dengan harapan, skema tersebut dapat memberikan daya tarik anak – anak dalam memahami pengetahuan di seputar perbankan syariah.

Kepala Madrasah MA Zainul Hasan 1 Genggong, KH Hassan Ahsan Malik sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dalam mengenalkan ekonomi syariah yang diharapkan bisa menjadi tambahan pengetahuan tambahan bagi para santri.

Selain itu Kiai Hassan juga menuturkan bahwa dengan terlaksananya kegiatan ini, BNI Syariah telah melakukan kegiatan yang bernilai ibadah, pasalnya kegiatan penyembelihan dan penyaluran hewan qurban ini selaras dengan ajaran agama Islam.

"Kami sangat bahagia hari ini, semoga kita bisa terus jalin kerjasama yang baik dilain waktu," kata dia.

Deo A. Pramadhan, Guru MA Zainul Hasan 1 Genggong menjelaskan, Dalam pelaksanaannya, Qurbanku Hasanahku juga mengandung unsur green activity untuk kelestarian lingkungan, dimana penyerahan hewan kurban tidak lagi menggunakan kantong plastik, melainkan menggunakan besek bambu.

"Dan untuk menambah kemeriahan Idul Adha 1440 H, Madrasah juga menyeleggerakan perlombaan untuk para santri, yaitu lomba stand up comedy dan lantunan takbir dengan alat musik tradisional," imbuh mantan Ketua LD PCI NU Turki ini. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA