Jumat 16 Aug 2019 01:50 WIB

Karawang akan Perbanyak Kampung Santri

Saat ini Karawang memiliki kampung santri di Desa Cikande, Cilebar.

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Agung Sasongko
Santri
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Santri

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Pemkab Karawang,  gencar melaksanakan pembangunan infrastruktur maupun peningkatan ekonomi. Selain itu, pemerintahan daerah inipun terus membangun iklim religius bagi masyarakat. Salah satunya, dengan menggulirkan program inovatif pendirian Kampung Santri.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, mengatakan, saat ini Karawang memiliki kampung santri. Kampung santri tersebut, berada di Desa Cikande, Kecamatan Cilebar. Dengan adanya kampung santri ini, diharapkan mampu mewujudkan internalisasi nilai-nilai keislaman, untuk masyarakat Cilebar yang taat beragama dan sejahtera lahir dan batin.

"Pembangunan kampung santri ini, sebagai momentum tepat untuk memulai era baru dan semangat baru dalam membangun spirit religius masyarakat Karawang, khususnya warga Cilebar," ujar Cellica, Kamis (15/8).

Cellica menyebutkan, kampung ini memiliki visi misi luar biasa. Dari seluruh sektor yang ada di desa, dituntut turut serta mensyiarkan keagamaan. Hal ini, selaras dengan keinginan pemkab.

Karena itu, pihaknya mendorong segala bentuk kegiatan religi bisa terlaksana di setiap desa. Mengingat, salah satu program yang sudah berjalan di Karawang adalah maghrib mengaji.

Dari kegiatan-kegiatan itulah, lanjut Crllica, pihaknya berharap ada berbagai warna dan kegiatan yang berkelanjutan. Sehingga, banyak lahir santriwan dan santriwati di Kabupaten Karawang.

"Kedepan, saya akan menjadikan kampung santri Desa Cikande sebagai Prototype bagi desa lainnya. Berharap di seluruh daerah bisa mencetak masyarakat menjadi insan yang soleh dan soleha serta istiqamah," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement