Kamis, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 Januari 2020

Kamis, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 Januari 2020

Hari Pertama Dompet Dhuafa Himpun 22.300 Ekor Hewan Kurban

Ahad 11 Agu 2019 13:21 WIB

Rep: Ratna Ajeng / Red: Dwi Murdaningsih

Hewan Kurban (Ilustrasi)

Hewan Kurban (Ilustrasi)

Foto: Republika TV/Muhamad Rifani Wibisono
Dompet Dhuafa menargetkan hingga 30 ribu hewan yang dihimpun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi mengatakan Dompet Dhuafa telah menghimpun hewan kurban sebanyak 22.300 ekor dari seluruh Indonesia. Rinciannya, sapi berjumlah 500 ekor dan selebihnya kambing.

Baca Juga

Dibandingkan tahun lalu, hari pertama penyembelihan saja, angka ini naik 27 persen. Tahun lalu hingga hari terakhir tasyrik Dompet Dhuafa hanya menerima 18.558 ribu ekor saja.

Yuli mengatakan tahun ini program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa menargetkan hingga 30 ribu hewan yang dihimpun. Hewan kurban yang dihimpun berasal dari mitra Dompet Dhuafa yang tersebar di Indonesia.

Mitra tersebut merupakan hasil dari pemberdayaan peternak lokal yang mandiri dan telah melewati tahapan seleksi, serta pendampingan oleh tim program DD.

"Tahun ini kami memberikan daging kurban kepada penerima manfaat dalam bentuk daging segar," kata dia.

Yuli menambahkan prioritas penerima hewan kurban merupakan masyarakat yang tinggal di daerah pelosok, marginal, terluar dan termasuk wilayah terdampak bencana, seperti Palu, Lombok, Banten, Samarinda, dan Konawe.

Pendistribusian yang besar ada di wilayah Jawa dan Bali, sedangkan Indonesia Timur sebesar 40 persen.

Hingga malam hari tasyrik di hari ketiga, Dompet Dhuafa masih melakukan pengumpulan donasi. Jika target 25 ribu ekor, dia mengatakan sejumlah ekor hewan kurban sudah ada di daerah masing-masing.

"Lalu hari H kita kirim tahap pertama sebesar 50 persen di masing-masing provinsi, hari kedua kami kirim sisanya 25 persen, hingga seluruhnya dari yang 25 ribu itu terpenuhi," jelasnya.

Namun begitu, donasi kurban yang didistribusikan bukan dalam bentuk pengiriman hewan kurban ke daerah-daerah, melainkan dalam bentuk uang. Yuli menjelaskan, Dompet Dhuafa mengirim dalam bentuk uang melalui mitra atau NGO lokal, masjid-masjid, dan pengurus lembaga keagamaan.

Pengiriman dalam bentuk uang bertujuan untuk memudahkan mitra agar segera menghidupkan roda perekonomian di daerah. Selain di dalam negeri, pendistribusian donasi hewan kurban juga dilakukan ke negara-negara lain melalui mitra di sana seperti Myanmar, Kamboja, Vietnam, Filipina, dan Palestina.

Dompet Dhuafa masih menerima pembelian hewan kurban baik secara onlinae maupun melalui gerai. Calon pembeli kurban dapat memilih membeli kambing dengan harga Rp 1.850.000 dan sapi dengan harga Rp 13,5 juta.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA