Sabtu 10 Aug 2019 13:51 WIB

Jamaah Haji Diimbau Waspada Kolesterol dan Pola Makan

Dari hasil pemeriksaan, cukup banyak jamaah haji yang meningkat kadar kolesterol

Rep: Ali Yusuf/ Red: Hasanul Rizqa
Seorang petugas kesehatan di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah sedang mengambil darah jamaah haji yang dirawat (Ilustrasi).
Foto:

Cara Menangani Kolestrol

Rossi memberikan tips agar jamaah haji yang telah terdiagnosis menderia dislipidemia. Caranya agar dapat mengurangi kadar lemak darah adalah dengan mengubah (intervensi) gaya hidup yang bertujuan untuk menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL seperti mengurangi asupan asam lemak jenuh.

"Dan meningkatkan asupan serat dan mengurangi berat badan hingga mencapai berat badan ideal," katanya.

Selain itu adalah, menurunkan kadar trigliserida dengan cara mengurangi jumlah asupan karbohidrat dan alkohol, meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari dan menghentikan kebiasaan merokok.

"Jika dengan perubahan gaya hidup kadar kolesterol tetap tinggi, maka dianjurkan kepada jamaah untuk konsultasi ke dokter dan mengkonsumsi obat sesuai resep dokter," katanya.

Kelompok obat statin, seperti atorvastatin, livostatin, pravastatin, dan simvastatin, merupakan obat yang sering diberikan untuk menangani dislipidemia. Meski tidak jarang juga dokter memberikan obat jenis lain, seperti ezetimibe, asam nikotinat, dan fenofibrat.

"Obat-obatan diberikan jika kadar satu atau lebih kolesterol sudah mencapai tingkat yang parah," katanya.

Rossi kembali merincikan, kolestrol sudah mencapai tingkat yang parah itu, kadar kolesterol LDL lebih dari 190 mg/dL. Kadar kolesterol HDL kurang dari 40 mg/dL pada pria atau 50 mg/dL pada wanita. Kadar trigliserida lebih dari 200 mg/dL.

Jadi, seorang dokter mungkin saja memberikan obat pada jamaah, meski kadar kolesterol darah belum mencapai tingkat yang parah. "Biasanya ini dilakukan apabila Jemaah menderita kondisi tertentu, seperti diabetes atau penyakit jantung," katanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement