Jumat 09 Aug 2019 17:21 WIB

Syekh Yaman Pimpin Shalat Idul Adha di Masjid Sunda Kelapa

Syekh Essom dari Yaman didapuk sebagai imam shalat di Masjid Sunda Kelapa.

Rep: Febryan A / Red: Nashih Nashrullah
Petugas merapihkan karpet sajadah di Masjid Agung Sunda Kelapa (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas merapihkan karpet sajadah di Masjid Agung Sunda Kelapa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pengurus Masjid Sunda Kelapa memastikan Syekh Syekh Essom al-Misgagi dari Yaman akan menjadi imam shalat Idul Adha pada Ahad (11/8). 

"Kita selama setahun kedepan juga sudah bersepakat bahwa beliau yang akan menjadi imam shalat di Masjid Sunda Kelapa," kata Sekertaris Dewan Pengurus Masjid Sunda Kelapa, Ismed Hasan Putro, Jumat (9/8).  Adapun yang akan menjadi khatib, sambung Ismed, adalah Ustaz Andi Aderus yang merupakan Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Alumni Timur Tengah (ICATT) Indonesia. "Beliau lulusan Al Azhar, sahabatnya ustaz Abdul Somad," ungkap Ismed. 

Baca Juga

Untuk tema khutbah tahun ini, lanjut Ismed, adalah 'Kerelaan Berkurban'. Shalat Idul Adha nantinya akan dilaksanakan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni di halaman luar masjid dan di badan jalan.  "Kami perkirakan akan ada sekitar 5.000 jamaah yang shalat Idul Adha di Masjid Sunda Kelapa," kata dia. 

Karena shalat akan berlangsung di luar masjid, Ismed menghimbau agar jamaah membawa kembali alas shalat tambahan yang digunakan. "Kalau ada yang pakai alasnya koran bekas, kami sudah sediakan tempat sampah," kata dia.  

 

Untuk memastikan kebersihan di kawasan sekitar masjid, Ismed mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan DKI Jakarta. "Biasanya sesudah shalat tim kebersihan juga akan segera turun," ujarnya.

Ismed juga menghimbau jamaah memarkirkan kendaraannya secara rapi. Karena biasanya jamaah memarkirkan kendaraan di sekitar Taman Sunda Kelapa dan Taman Suropati.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement