Rabu 07 Aug 2019 05:59 WIB

Baitul Wakaf dan CIMB Niaga Syariah Permudah Wakaf

Channel digital dan QR Code semakin memudahkan masyarakat menunaikan wakaf.

Direktur Baitul Wakaf, Rama Wijaya (kiri) dan Direktur Sharia Banking CIMB Niaga,  Pandji P Djajanegara.
Foto: Dok Baitul Wakaf
Direktur Baitul Wakaf, Rama Wijaya (kiri) dan Direktur Sharia Banking CIMB Niaga, Pandji P Djajanegara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi semakin berkembang. Perubahan gaya hidup semakin bergeser untuk memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan, termasuk cara bertransaksi. Jika dulu transaksi dilakukan secara tunai, saat ini transaksi non-tunai mulai digemari,  termasuk dalam berdonasi. 

Terkait hal tersebut, Baitul Wakaf bekerja sama dengan CIMB Niaga Syariah menerbitkan kemudahan bagi masyarakat untuk menunaikan wakaf dan sedekah melalui channel digital dan quick response code (QR code). Sistem ini diyakini akan semakin memudahkan bagi siapa saja untuk berwakaf. 

“Masyarakat bisa berwakaf dengan mudah melalui channel digital yang kami sediakan, seperti CIMB Cliks, Go Mobile, ATM, dan aplikasi E Salaam. Kami menyediakan kode QR  khusus wakaf yang dapat dipindai melalui (scan) langsung oleh masyarakat yang ingin berwakaf melalui berbagai aplikasi pembayaran ponsel,” ujar Pandji P Djajanegara selaku Direktur  Sharia Banking CIMB Niaga dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (6/8).

Ia menambahkan, CIMB Niaga Syariah tak sekedar menyediakan kanal pembayaran wakaf yang mudah diakses oleh masyarakat. Lebih dari itu, CIMB Niaga Syariah  juga membuat produk yang didedikasikan secara khusus untuk menghimpun wakaf yaitu Tabungan IB Mapan. “Nasabah bisa memilih dua program yang disediakan, yakni Tabungan Mapan Wakaf berhadiah wakaf dan Tabungan IB Mapan Menabung Wakaf,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Baitul Wakaf, Rama Wijaya. Menurutnya, sinergi kemudahan dan produk wakaf yang dikembangkan CIMB Niaga Syariah menjadi sarana untuk terus melakukan edukasi dan memberikan kemudahan dalam menunaikan wakaf. Dengan semakin banyak pilihan, maka wakaf akan semakin mudah diakses dan ditunaikan. 

“Kerja sama yang telah berjalan dengan CIMB Niaga Syariah melalui channel digital dan penerbitan QR Code untuk berwakaf ini akan semakin memudahkan masyarakat menunaikan wakaf. Alhamdulillah respons  mitra Baitul Wakaf terhadap program ini sangat positif,” kata Rama.

Ia menjelaskan, dana wakaf yang terhimpun melalui kerja sama ini disalurkan ke berbagai program produktif yang dikelola oleh Baitul Wakaf, seperti wakaf minimarket, wakaf sawah produktif hingga program pendidikan Sekolah Pemimpin dengan model integrated boarding school.  

“Donasi wakaf yang terhimpun akan dikelola untuk pengembangan sektor produktif dan sosial. Semoga sinergi ini akan terus meningkatkan animo masyarakat untuk berwakaf,” ujarnya lagi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement