Selasa 30 Jul 2019 13:54 WIB

Atasi Kekeringan, Anggota FOZ Salurkan Bantuan Air Bersih

Air bersih disalurkan di sejumlah daerah oleh para anggota FOZ untuk atasi kekeringan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Hasanul Rizqa
Lembaga Zakat Anggota FOZ Menurunkan puluhan tangki air sebagai bentuk bantuan darurat kekeringan
Foto: Dok FOZ
Lembaga Zakat Anggota FOZ Menurunkan puluhan tangki air sebagai bentuk bantuan darurat kekeringan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan yang sudah sebulan lebih tidak turun hampir di seluruh wilayah Indonesia membuat beberapa daerah mulai dilanda bahaya kekeringan. Hingga Senin (22/7), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat telah ada 55 pemerintah daerah yang menetapkan status siaga darurat bencana kekeringan.

Untuk membantu warga yang kekurangan air bersih, beberapa Lembaga Amil Zakat (LAZ) anggota Forum Zakat (FOZ) telah mengirimkan bantuan air bersih untuk warga yang membutuhkan. Diantaranya adalah Dompet Dhuafa, BMH, Solo Peduli, Laznas LMI, Laznas Dewan Dakwah, Lazis Muhammadiyah, Rumah Zakat, Nurul Hayat, dan LAZ Cilacap.

Baca Juga

Seluruh pihak itu berkomitmen terlibat mengatasi kekeringan di beberapa wilayah Indonesia. Sejumlah LAZ tersebut telah menyiapkan puluhan tanki air untuk kebutuhan masyarakat. Untuk program jangka panjang dan berkelanjutan, mereka menyiapkan sumur dan pipanisasi air bersih untuk warga.

Ketua bidang Sinergi FOZ Nasional, Angga Nugraha menghimbau agar setiap LAZ anggota FOZ bisa berkolaborasi secara optimal dan efektif membantu wilayah lain baik di Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa yang terdampak kekeringan.

"Karena dana zakat, infak dan sedekah yang dikelola, merupakan amanat dari para donatur untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, tidak terkecuali untuk yang dilanda kekeringan" ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement