Rabu 24 Jul 2019 21:37 WIB

Superqurban Jangkau Daerah Terparah Gempa Halmahera

Superqurban melengkapi gizi para pengungsi yang sehari-hari makan mi instan.

 Superqurban Rumah Zakat menjangkau daerah terparah gempah Halmahera.
Foto: rumah zakat
Superqurban Rumah Zakat menjangkau daerah terparah gempah Halmahera.

REPUBLIKA.CO.ID, SAKETA -- Superqurban Rumah Zakat menjangkau daerah terparah gempah Halmahera. Pascagempa 7,2 SR melanda bumi Halmahera, ribuan orang kehilangan tempat tinggalnya.

Mereka terpaksa tinggal di tenda-tenda darurat. Pada kesempatan ini, tim relawan Rumah Zakat bergerak melakukan aksi, menyusuri desa-desa di Kec. Gane Timur Selatan.

Baca Juga

Kecamatan Gane Timur Selatan termasuk wilayah yang terdampak gempa paling parah. Jarak desa-desa di wilayah ini hanya berjarak 2-11 Km dari titik pusat  gempa.

Desa-desa yang dijangkau tim meliputi Desa Gane Dalam, Gane Luar, Desa Kuwo, Desa Ranga-Ranga. Sebagian besar Desa-desa ini hanya dapat di tempuh dengan jalur laut dan udara.

photo
Superqurban Rumah Zakat menjangkau daerah terparah gempah Halmahera.

Walaupun masih satu kepulauan dengan pulau Halmahera, tapi belum ada akses darat untuk tembus kesana.

Saat ekspedisi tim melakukan pendataan, ternyata kebutuhan mendesak saat ini adalah akses komunikasi, listrik dan air bersih. Saat ini warga korban terdampak gempa sudah sekitar sepekan Setelah tinggal di tenda-tenda darurat. Kebutuhan MCK, dan kesehatan juga darurat disana.

Selanjutnya tim Rumah Zakat menyalurkan paket rendang dan kornet Superqurban sebagai bantuan cadangan pangan bagi warga terdampak bencana. Tim relawan Rumah Zakat terus bahu membahu bersama TNI-Polri, menyalurkan logistik ke desa-desa yang sulit diakses ini.

Kehadiran Superqurban sangat bermanfaat di lokasi bencana, terutama d Maluku Utara ini, sebagai variasi dan ketahanan pangan dan gizi para penyintas dan relawan di lapangan. Sehari-hari mereka makan dengan mie instan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement