Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Cara Komunitas Muslim Nashville Promosikan Islam

Ahad 21 Jul 2019 17:00 WIB

Rep: Umi Nur Fadillah/ Red: Agung Sasongko

Muslim Amerika

Muslim Amerika

Komunitas Muslim Nashville sangat aktif ubah stereotip negatif Islam.

REPUBLIKA.CO.ID,NASHVILLE — Komunitas Muslim di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat (AS) menggelar acara Meet Your Muslim Neighbor (Bertemu dan Tetangga Muslim Anda). Acara itu ditujukan pada umat non-Muslim dari mana saja.

Dilansir di Fox12.com pada Ahad (21/7), acara tersebut merupakan upaya Muslim lokal mengubah stereotip di Nashville tentang Muslim dan Islam. Dengan itu, kota tersebut menjadi tempat yang aman bagi semua orang dari berbagai latar belakang. Acara itu menjadi wadah umat Muslim dan non-Muslim duduk berdampingan, memotong roti bersama, dan belajar tentang satu sama lain.

“Jujur, kami tidak tahu banyak tentang Islam atau apa pun, dan kami ingin tahu,” kata salah satu penduduk Nashville, Donna Clemons.

Awalnya, dia dan Jason Clemons menghadiri acara Meet Your Muslim Neighbor karena iseng. Namun, dia takjub dengan sambutan hangat dari komunitas Muslim tersebut. “Kami terpesona ketika kami sampai di sini. Semua orang menyambut, sejak kami melangkah di trotoar di luar,” ujar Donna.

Anggapan itu yang ingin didapat oleh Pusat Islam Tennessee. “Dalam iklim ini, ketika Anda dapat menonton berita dan Anda dapat percaya bahwa setiap Muslim ingin membunuh saya, atau setiap Muslim adalah orang jahat, atau setiap Muslim, apa pun, itu hanya kebohongan yang terang-terangan,” kata Imam dan Direktur Agama dari Pusat Islam Tennessee, Anwar Arafat.

Organisasi tersebut fokus pada upaya mengedukasi tentang agama dan persamaan, daripada perbedaan. Arafat meyakini, ketika seseorang mendekati sesuatu dengan berbagi makanan, maka ada kebaikan yang tersampaikan.

“Kami menginginkan hal yang sama, lingkungan yang aman bagi keluarga kami untuk tumbuh, kami menginginkan pendidikan yang baik untuk mereka, kami, diri kami sendiri ingin mencoba untuk mencapai impian Amerika,” ujar dia.

Menurut dia, selama ini orang-orang diam saja pada ketidaktahuan, kemudian berujung pada ketakutan tentang Islam dan Muslim. Karena itu, dia mengatakan Pusat Islam Tennessee mencoba menempatkan pesan positif untuk masyarakat di luar komunitas.

“Kami hanya berusaha mengajari orang-orang tentang siapa diri kami, dan sedikit saja melawan ketidaktahuan ini,” kata Arafat.

Bagi Donna dan Jason Clemons, gerakan kecil tersebut sangat berpengaruh. “Saya pikir penting untuk mencoba dan belajar lebih banyak tentang hal-hal yang tidak Anda ketahui,” kata Donna. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA