Jumat 19 Jul 2019 12:14 WIB

Unair Sediakan 600 Kursi Jalur Vokasi Gelombang II

Vokasi Gelombang II terbuka untuk prodi D3, D4, dan alih jenis.

Logo Unair
Logo Unair

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menyediakan 600 kursi bagi mahasiswa baru di jalur Vokasi gelombang II, yang terbuka untuk prodi D3, D4, dan alih jenis. Ketua PPMB Unair Achmad Solihin mengatakan, pendaftaran Vokasi gelombang II dibuka secara daring melalui https://pendaftaran.unair.ac.id/ mulai 18 hingga 24 Juli 2019.

"600 kursi itu jika dirinci dari sebanyak 17 program studi (prodi) D3, tiga prodi D4, dan dua Prodi Alih Jenis," kata Solihin dikonfirmasi Jumat (19/7).

Solihin menjelaskan, untuk prodi D3 yang dibuka yaitu (Departemen Bisnis) Akuntansi, Perpajakan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Perbankan, Adminitrasi Perkantoran, Manajemen Perhotelan, dan Kepariwisataan/ Bina Wisata. Kemudian ada prodi Bahasa Inggris; (Departemen Kesehatan) Teknologi Laboratorium Medis, Fisioterapi, Pengobat Tradisional, Teknik Gigi, Paramedik Veteriner, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Keperawatan (AKPER Lamongan & Gresik); dan (Departemen Teknik) Sistem Informasi, Otomasi Sistem Instrumentasi, dan Perpustakaan

Pada prodi D4, lanjut Solihin tersedia untuk prodi Pengobat Tradisional, Fisioterapi, dan Teknologi Radiologi Pencitraan. Sementara alih Jenis tersedia untuk prodi S1 Kebidanan dan S1 Keperawatan. "Tes tulis akan dilaksanakan di Surabaya, pada 28 Juli 2019. Materi yang diujikan meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA)," ujarnya.

Solihin melanjutkan, Tes Potensi Akademik (TPA) meliputi kemampuan verbal, numerik, dan penalaran. Sementara Tes Kemampuan Akademik (TKA) untuk bidang Soshum materi meliputi Matematika, Sosiologi, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Wawasan Kebangsaan.

Untuk bidang Sains, kata Solihin, meliputi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Wawasan Kebangsaan. Tidak dibuka untuk Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC). "Ada tambahan wawancara untuk prodi D3 Bahasa Inggris. Calon mahasiswa yang diperbolehkan mendaftar pada seleksi ini adalah lulusan tiga tahun terakhir, yakni lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019," kata dia.

Solihin menambahkan, untuk jalur vokasi, Unair memberikan prioritas khusus bagi lulusan SMK. Biaya pendaftaran, kata dia, sebesar 250 ribu untuk D3, dan 300 ribu untuk D4 dan Alih Jenis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement