Senin 15 Jul 2019 20:07 WIB

Rumah Zakat Bantu Ringankan Pengobatan Mak Enah

Bantuan donatur Rumah Zakat diharapkan meringankan beban keluarga Emak Enah.

umah Zakat memberikan bantuan untuk meringankan penyakit Emak Enak
Foto: rumah zakat
umah Zakat memberikan bantuan untuk meringankan penyakit Emak Enak

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA-- Rumah Zakat memberikan bantuan untuk meringankan penyakit Emak Enak. Efusi Pleura, begitulah warga menyebut penyakit yang diderita oleh Emak Enah.

Emak Enak ebelum sakit mempunyai kebiasaan yang sangat mulia. Dia berjasa sebagai orang yang melestarikan lingkungan sebagai tukang bersih-bersih jalan di Kampung Panyingkiran, Tasikmalaya.

Baca Juga

 

Penyakit yang diderita Mak Enah ini mengharuskannya berobat lanjut ke RS. Hasan Sadikin Bandung. Di Tasikmalaya tidak ada alat yang memadai untuk ikhtiar penyembuhan penyakit yang diderita Mak Enah.

 

Rabu (10/7), sekitar pukul 12.30 WIB, Fajar Kurniawan, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat  mengunjungi Rumah Mak Enah di Jl. Panyingkiran II, Rt. 02 Rw. 03 Kel. Panyingkiran Kota Tasikmalaya. Fajar menyalurkan bantuan dari Rumah Zakat.

“Syukur Alhamdulillah, terima kasih Rumah Zakat mudah-mudahan kebaikan ini diganti dengan yang lebih-lebih oleh Allah SWT,” ucap Ibu Yati,salah satu keluarga Mak Enah.

Efusi pleura adalah kondisi yang ditandai oleh penumpukan cairan di antara dua lapisan pleura. Pleura merupakan membran yang memisahkan paru-paru dengan dinding dada bagian dalam.

Cairan yang diproduksi pleura ini sebenarnya berfungsi sebagai pelumas yang membantu kelancaran pergerakan paru-paru ketika bernapas. Namun ketika cairan tersebut berlebihan dan menumpuk, maka bisa menimbulkan gejala-gejala tertentu.

Gejala-gejala efusi pleura antara lain adalah nyeri dada saat menarik dan membuang napas, batuk, demam, dan sesak napas. Gejala biasanya terasa jika efusi pleura sudah memasuki level menengah hingga parah, atau terjadi peradangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement