Rabu, 20 Zulhijjah 1440 / 21 Agustus 2019

Rabu, 20 Zulhijjah 1440 / 21 Agustus 2019

ACT Lampung Kirim Air Bersih di Kaliawi Persada

Jumat 12 Jul 2019 20:16 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Dwi Murdaningsih

Warga Kelurahan Kaliawi Persada Kota Bandar Lampung mengambil air bersih yang dikirim ACT Lampung, Jumat (12/7).

Warga Kelurahan Kaliawi Persada Kota Bandar Lampung mengambil air bersih yang dikirim ACT Lampung, Jumat (12/7).

Foto: dok. ACT Lampung
Warga Kaliawi Persada mengandalkan pasokan air bersih dari sumur bor.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung mengirim kembali air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga di Kelurahan Kaliawi Persada, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Jumat (12/7). Warga Kaliawi mendambakan pasokan air bersih lantaran wilayah pemukimannya dataran tinggi. 

Warga Kaliawi Persada mengandalkan pasokan air bersih dari sumur bor yang disalurkan melalui pipa ke pemukiman penduduk. Dataran tinggi dan juga kondisi cuaca yang masim kering membuat pasokan air bersih terbatas di kampungnya.

Baca Juga

Pipanisasi air bersih dari sumur bor dinilai warga setempat masih sangat terbatas, padahal pasokan air bersih dari sumur bor tersebut sangat diandalkan warga. Akses yang sulit, jarak yang jauh, dan debit air sumur bor yang terus berkurang membuat pasokan air bersih sering tersendat.

 Munayah, ketua RT 02 Lingkungan 2 Kaliawi Persada menuturkan, masalah akses air bersih sudah dirasakan warga sejak lama. Menurutnya, di musim kemarau warga tidak mempunyai pilihan lain untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga.

“Kadang mandi juga tertunda, kalau musim penghujan bisa mengambil air hujan, tapi musim kemarau seperti ini hanya mengandalkan air dari sumur bor,” ucapnya.

Kepala Program ACT Lampung Arief Rakhman ikut memantau distribusi dan pembagian air bersih kepada warga pemukiman tersebut. Menurutnya, warga sangat antusias menampung air menggunakan jeriken, ember, dan bak penampung lainya.

Rasa syukur juga berulang kali disampaikan warga kepada perwakilan ACT yang mendatangkan air bersih untuk warga. Pasokan air bersih menjadi solusi, ketika warga sulit mengakses air bersih selama ini. Dengan adanya air bersih warga tak lagi sulit untuk minum dan memasak serta urusan mandi cuci dan kakus atau MCK.

“Warga sangat berharap program dropping air bersih berlanjut. Kami selaku mediator berharap kepedulian dari masyarakat Lampung untuk mendukung program ini,” ujarnya. 

Sebelumnya, ACT Lampung juga telah mendistribusikan air bersih kepada pemukiman warga beberapa RT di Kecamatan Panjang Selatan dan Sukamenanti Kedaton, dalam Kota Bandar Lampung. Di tempat tersebut, warga juga antusias mengambil air bersih yang telah disediakan dalam mobil tangki yang dikirim.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA