Kamis 11 Jul 2019 23:00 WIB

Petani di Desa Berdaya Manggungsari Panen Raya Padi

Panen padi mampu menghasilkan kurang lebih 10 kuintal padi basah.

Petani di desa berdaya Manggungsari melakukan panen raya.
Foto: rumah zakat
Petani di desa berdaya Manggungsari melakukan panen raya.

REPUBLIKA.CO.ID, KENDAL -- Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian. Peribahasa ini cocok untuk menggambarkan perjuangan para petani berdaya binaan Rumah Zakat di Desa Berdaya Manggungsari.

Bantuan yang digulirkan oleh Rumah Zakat melalui Program Petani Berdaya kini bisa dinikmati hasilnya. Bapak Ngasbi, Bapak Tubi, Bapak Kasbun dan para penerima manfaat Program Petani Berdaya bahagia saat memanen hasil padi yang ditanamnya.

Baca Juga

 “Alhamdulillah berkat bantuan dari donatur Rumah Zakat saya merasa senang dan gembira, soalnya panen kali ini hasilnya utuh tidak dipotong utang, jadi bisa buat modal tanam selanjutnya,” ujar mereka.

Mereka tidak henti-hentinya bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. Sebab, lahan sawah seluas 1 iring (1.785 meter persegi) yang ditanami padi mampu menghasilkan kurang lebih 10 kuintal padi basah. Hasil padi ini oleh mereka akan dijual sebagian untuk kebutuhan sehari-hari dan modal untuk tanam kembali.  Sedangkan sisanya lagi untuk disimpan sebagai persediaan cadangan pangan saat musim paceklik.

Wartono, Fasilitator Desa Berdaya Manggungsari  menuturkan  bahwa dalam penjualan hasil panen harus ada terobosan lain selain dijual kepada tengkulak. Sebab, jika panen dijual ke tengkulak maka akan dibeli dengan harga yang murah sehingga keuntungan hasil panen menjadi sedikit.

“Panen ini kalau hanya dijual ke tengkulak langsung seperti yang sudah-sudah maka keuntungannya sedikit, tapi kalo ada terobosan semisal penjualan secara langsung dengan gabah diolah menjadi beras kemudian dijual mungkin hasil dan keuntungannya lebih maksimal,” ujar wartono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement