Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

DMI Perbaiki Sound System 14.473 Masjid di Jawa Timur

Senin 08 Jul 2019 14:20 WIB

Rep: Fuji E Permana / Red: Gita Amanda

Ilustrasi speaker masjid.

Ilustrasi speaker masjid.

Masjid-masjid yang akustiknya membutuhkan perbaikan menjadi prioritas DMI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Provinsi Jawa Timur menyampaikan sudah ada 14.473 masjid yang direvitalisasi akustik atau sound system. Masjid-masjid yang akustiknya membutuhkan perbaikan menjadi prioritas PW DMI Jawa Timur.

"Revitalisasi akustik di Jawa Timur sudah dilakukan sejak pertama kali peluncuran mobil pemeliharaan akustik masjid sejak sekitar tahun 2014," kata Ketua PW DMI Jawa Timur, Muhammad Roziqi kepada Republika.co.id, Ahad (7/7).

Roziqi mengatakan, mobil pemelihara akustik DMI ada di hampir setiap kabupaten dan kota di Jawa Timur. Sehingga mobil-mobil tersebut bisa merevitalisasi 14.473 akustik masjid sampai sekarang.

Ia menerangkan, awalnya ada sebanyak 19 mobil pemelihara akustik DMI di wilayah Jawa Timur. Tapi sekarang ada 16 mobil yang beroperasi. Ada mobil yang rusak dan ada juga mobil yang belum dioperasikan secara maksimal, ke depan akan dioperasikan lagi semua mobil yang ada.

"Di Jawa Timur ada sekitar 42 ribu masjid, dari jumlah tersebut ada masjid yang tidak perlu perbaikan akustiknya seperti masjid-masjid yang sudah bagus akustiknya, ada juga masjid yang perlu diperbaiki," ujarnya.

Ia menyampaikan, masjid yang ada di desa-desa menjadi perhatian DMI karena biasanya akustiknya kurang bagus. Sementara masjid-masjid besar biasanya akustiknya sudah bagus. Menurutnya cukup banyak pengurus masjid di Jawa Timur yang ingin diperbaiki dan ditinjau oleh mobil pemelihara akustik DMI.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA