Sabtu 06 Jul 2019 03:07 WIB

Eloknya Karpet Mamluk, Gengsi Elite Muslim dan Kristen

Eloknya karpet Mamluk menjadi prestise tersendiri buat elite bangsawan.

Rep: Puti Almas/ Red: Nashih Nashrullah
Karpet Mamluk di Dataran Eropa
Foto: Aramcoworld
Karpet Mamluk di Dataran Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, Pertanyaan serupa mengitari karpet yang ada di Granada, Spanyol. Kemungkinan karpet ini ada di masa pemerintahan Qaitbay. Namun, saat ini tidak lagi ada dan terfragmentasi karena kemungkinan telah dipesan untuk diletakkan ruang tertentu di tempat yang kemudian menjadi ibu kota kesultanan Muslim terakhir di al-Andalus, atau Anadlusia. 

Sebagaimana dilansir Aramcoworld, karpet ini memiliki ukuran  1.184 kali 322 sentimeter dan dianyam sebagai satu kesatuan, meski terlalu panjang untuk ruang paling penting di Alhambra, Aula Duta Besar di Istana Comares, yaitu 1.130 sentimeter persegi. Namun, itu akan dengan mudah masuk ke Sala de la Barca yang mendahuluinya. 

Baca Juga

Dengan lebar 2.400 sentimeter dan kedalaman 335 sentimeter, itu dianggap sebagai ruang depan, dan mungkin juga tempat musim panas sultan, karena terbuka untuk udara segar melalui pintu masuknya dari Courtyard of the Myrtles.

Menurut Kepala Konservator Museum Alhambra, Purificación Marinetto Sánchez, yang pertama kali menerbitkan informasi terperinci tentang karpet, perabotan seperti itu akan disambut di ruang interior selama musim dingin di Granada. 

Namun, kemungkinan lain memunculkan nama karpet hari ini. Di dekat Alhambra, di lantai dua Istana Generalife yang lebih kecil, menghadap ujung utara Courtyard of the Water Fountain yang terkenal. 

Sementara Generalife biasanya berfungsi sebagai tempat tinggal musim panas, selama abad 14 dan 15 juga digunakan untuk resepsi cuaca dingin. Perabotan yang direkam termasuk karpet lantai, gorden di pintu dan di atas jendela, dan hiasan dinding dari brokat sutra tebal. Karena karpet Mamluk yang masih hidup akan sangat cocok, spektakuler untuk ruangan ini, Marinetto Sánchez percaya, karpet itu ditugaskan.

Karpet Generalife mungkin diperoleh lebih awal dari karpet kepausan, pada akhir era 1400, pada masa pemerintahan pertama Nasrid Sultan Abu al-Hasan Ali. Ini adalah periode perdamaian dan stabilitas relatif di Granada, di mana hubungan baik yang dipelihara Nasrid dengan Mamluk akan memungkinkan komisi semacam itu. 

Karpet hampir pasti tiba sebelum 1482. Saat itulah perang 10 tahun antara Nasrids dan raja-raja Katolik yang berakhir dengan menyerahnya Granada dan berakhirnya pemerintahan Muslim di Spanyol dimulai.

photo
Salah satu bentuk karpet Mamluk/ Aramcoworld

Karpet Generalife memiliki lima bagian di dasarnya, dengan octagons besar bergantian dan bintang berujung delapan di tengahnya. Di tiga bagian tengah, area yang luas dari tanah merah membingkai angka-angka pusat, aksen mereka. Sosok yang lebih kecil dan ornamen pengisi yang dianalogikan dengan karpet blazon mengelilingi api merah. 

Sementara, perbatasan bagian dalam di sepanjang sisi, pita hiasan konsentris di octagon pusat dan gambar persegi di sudut-sudutnya dengan rapat mengisi bagian ujung. Pola yang lebih berat secara efektif menjangkar ujung karpet yang jauh.

Banyak motif geometris karpet bergema di karpet Mamluk kemudian, menunjukkan perkembangan awal dari perbendaharaan ornamen yang luas dan fleksibel. Misalnya, perubahan halus pada batas bagian ujung memungkinkan motif untuk dipersepsikan berbeda. 

Di perbatasan luar Generalife, garis-garis zig-zag dari bintang-bintang hijau kecil dan bintang-bintang setengah biru menekankan diagonal-diagonal tali pengikat putih di atas tanah merah. 

Di strip sisi dalam Generalife, warna dalam celah kecil dari sela merah tua, yang terdiri dari oktagon di sekitar bintang berujung delapan, membuat jaringan yang mendasari bintang kecil berujung delapan. Sosok yang lebih kecil dari Generalife, seperti bintang berujung delapan, muncul kembali dalam variasi yang tak ada habisnya. 

Bintang-bintang di pita terluar dari segi delapan tengah patut diperhatikan karena menggunakan warna untuk menentukan konfigurasi dengan jelas, bahkan tenunan tali pengikat yang terlalu-dan-kurang. Sayangnya, kondisi karpet Generalife yang buruk menghambat penilaian ornamen yang ada di dalamnya. 

Pada waktu yang hampir bersamaan, karpet Generalife mungkin telah tiba di Granada, Sultan Qaitbay sedang menyelesaikan salah satu proyek pembangunannya yang terkenal, yaitu rekonstruksi sekolah Madrasah al-Ashrafiyya di Yerusalem. Hal ini didokumentasikan pada 1480–1482.  

Sebuah laporan oleh Mujiruddin tentang perlindungan al-Ashrafiyya oleh sultan menunjukkan bahwa karpet-karpet ini mungkin berasal dari zama yang sama dengan Generalife di Granada dan mungkin  lebih awal daripada yang ada di Vatikan. Seluruhnya datang melalui serangkaian acara, tak lama setelah aksesi Qaitbay pada 1468. 

Hampir dua dekade setelah aksesi Sultan Qaitbay dan kemungkinan fondasi industri karpet baru, karpet Kairo menghiasi beberapa ruang paling terhormat di Mediterania multikultural. Karpet Granada dan Vatikan ditujukan untuk kamar-kamar mewah yang hanya dapat dimiliki oleh beberapa bangsawan pada saat itu. 

Selama pertengahan abad ke-15, baik elite Muslim dan Kristen di sekitar Mediterania  memproyeksikan posisi dan kekuasaan mereka melalui karpet. Semua bukti menunjuk ke merek baru Qaitbay sebagai simbol status yang dimaksudkan untuk meningkatkan citra pemilik karpet.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement