Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Labu, Sayuran Sarat Manfaat yang Diabadikan Alquran

Sabtu 08 Jun 2019 15:29 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Petani memanen buah labu di Cimenyan, Kabupaten Bandung, Ahad (31/7). (Mahmud Muhyidin)

Petani memanen buah labu di Cimenyan, Kabupaten Bandung, Ahad (31/7). (Mahmud Muhyidin)

Foto: Mahmud Muhyidin
Labu merupakan sayuran yang digemari para nabi.

REPUBLIKA.CO.ID, Tanaman labu merupakan salah satu jenis tanaman sayuran yang kaya manfaat. Bahkan, labu termasuk di antara tanaman sayuran yang abadikan dalam Alquran. Tepatnya surah as-Shaffaat ayat ke-146: “Dan Kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu." 

Baca Juga

Sejarah mencatat labu termasuk sayuran yang menjadi favorit Rasulullah SAW. Kendati demikian, bukan berarti Rasulullah adalah sosok yang gemar tebang pilih makanan.  

Kisah kegemaran Rasulullah menyantap labu itu dituturkan Anas bin Malik. Sahabat terdekat yang kerap menemani Rasul di berbagai kesempatan. Pernah ada seorang penjahit yang mengundang Rasulullah untuk pesta dan makan hidangannya.

"Aku pergi bersama dengan Rasulullah ke pesta itu. Dia menyajikan roti gandum, sup labu dan potongan daging. Aku melihat Rasulullah pergi setelah menghabiskan satu piring sup labu, jadi saya selalu menyukai labu sejak saat itu." 

Anas bin Malik juga mengatakan dalam hadis riwayat Tirmidzi, Nabi sangat menyukai labu. Dia membawa makanan terbuat dari labu dan mengajak makan. "Aku mengambil labu di meletakkan di piringnya karena saya tahu dia menyukainya."  

Studi medis belakangan mengungkap ragam khasiat labu. Berikut ini beberapa manfaat labu yang dirangkum Republika.co.id:  

  1. Memperkuat Jantung. Aisyah pun pernah diperintahkan Rasulullah ketika memasak untuk menambahkan labu yang lebih banyak karena dapat memperkuat jantung. Rasulullah memang bukan yang pertama di antara nabi yang memakan labu dan menjelaskan manfaat kesehatannya. 
  2. Menyembuhkan luka kulit. Ketika Nabi Yunus AS keluar dari perut paus, saat membersihkan diri, dia menemukan labu dan memakannya untuk membantu memulihkan kondisi tubuhnya. Tak hanya buahnya, daun labu juga dapat dimanfaatkan untuk obat yang dapat menyembuhkan luka kulit. 
  3. Menurunkan berat badan. Labu besar atau labu kuning merupakan sumber vitamin A yang baik. Di dalamnya juga mengandung zat besi dan zat kapur. Biji labu bermanfaat untuk mengeluarkan cacing pita dari usus besar.   Seratus gram labu memiliki 65 kalori. Sehingga dapat menjadi sumber makanan yang baik bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Bagi mereka yang sedang sakit juga baik untuk menaikkan tekanan darah.n Ratna Ajeng Tejomukti

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA