Rabu 05 Jun 2019 18:53 WIB

Baznas Depok Distribusikan Dana Zakat Sebesar Rp 303 Juta

Penyaluran dana zakat dibagi mejadi penyaluran mustahik harian dan program Ramadhan.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Ilustrasi Zakat
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok mendistribusikan dana zakat sebesar Rp 303 juta ke 4.616 penerima zakat (mustahik). Penyaluran dana zakat tersebut dibagi dalam dua kategori, yakni penyaluran mustahik harian dan program Ramadhan.

"Untuk penyaluran harian, kita bagikan dana zakat kepada para mustahik setiap pekannya di hari Kamis. Adapun yang kedua, kita bagikan dalam sembilan program selama Ramadhan," ujar Ketua Baznas Depok, Encep Hidayat di Balai Kota Depok, Rabu (5/6).

Baca Juga

Encep merinci, dari dua kategori tersebut, yang pertama berjumlah Rp 141,8 juta dengan 4.003 mustahik. Kemudian, untuk total dana yang disalurkan dalam program Ramadhan, sekitar Rp 161,4 juta dengan 613 penerima manfaat.

Terkait penyaluran harian terbagi dalam lima program utama Baznas Kota Depok, yakni Depok Peduli kepada 498 orang, Depok Taqwa kepada empat orang, Depok Sehat kepada 19 orang, Depok Cerdas kepada 86 orang, dan Depok Sejahtera kepada enam orang.

 

"Bentuk bantuannya beragam, misalnya aspek kesehatan pembayaran penunggakan BPJS, aspek pendidikan pembayaran tunggakan SPP, adapun di ekonomi membantu modal usaha," terang Encep.

Dia menuturkan, terkait program Ramadhan, pihaknya gencar melakukan penyaluran dana zakat, seperti pemberian santunan kepada 150 warga lanjut usia (lansia) prasejahtera sebesar Rp 45 juta. Ada pula kegiatan Hidangan Berkah Ramadhan (HBR) yang diberikan kepada 1.800 penerima manfaat dengan total dana sebesar Rp 11 juta.

"Alhamdulillah, penyaluran dana zakat berlangsung lancar. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi para warga Depok yang sudah melakukan zakat, infak, sedekah melalui Baznas Kota Depok," pungkas Encep. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement