Rabu 05 Jun 2019 10:02 WIB

Anies Baswedan: Manfaatkan Lebaran untuk Kuatkan Silaturahim

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta maaf lahir batin kepada masyarakat

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Hasanul Rizqa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri kegiatan malam takbiran di Rusun KS Tubun, Jakarta, Selasa (4/6).
Foto: Republika/Prayogi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri kegiatan malam takbiran di Rusun KS Tubun, Jakarta, Selasa (4/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau masyarakat untuk kembali merajut tali silaturahmi di momen lebaran 2019. Dia meminta masyarakat untuk menggunakan momen ini untuk bersilaturahmi mendatangi tetangga, saudara dan kolega.

 

Baca Juga

Selain itu, dia juga meminta maaf kepada masyarakat Jakarta. Dia berharap suasana Ibu Kota yang tertib dan lancar dimanfaatkan warga untuk merajut kembali semua ikatan silaturahim, terutama yang mungkin selama ini sempat renggang.

 

 

"Saya ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat jakarta khususnya selamat hari raya idul fitri 1440 H, kami atas nama pemprov dki mengucapkan permohonan maaf apabila ada kesalahan kekhilafan selama ini," kata Anies Baswedan usai melaksanakan Shalat Id di Balaikota Jakarta, Rabu (5/6).

 

Anies Baswedan melaksanakan shalat Ied di halaman Balai Kota DKI Jakarta. Mantan menteri pendidikan itu duduk di barisan paling depan, didampingi Sekretaris Daerah DKI Saefullah dan sejumlah jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lainnya.

 

Salat Id di Balai Kota tahun ini mengambil tema bertema 'Perkhidmatan dan Kepedulian Sosial'. Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Prof Didin Hafidhuddin mennadi Khatib salat sementara imam shalat adalah Ahmad Muhajir.

 

Anies mengatakan, tema itu sengaka diambil mengingat Jakarta meruoakan magnet ekonomi Indonesia. Dia mengungkapkan, lebih dari 18 persen GDP nasional berada di ibu kota.

 

Kendati, dia mengatakan, ada kesenjangan yang amat lebar berkenaan dengan perekonomian antar warja di Jakarta. Sebabnya, dia menekankan, penting bagi warga untuk berzakat dan saling membantu antat warga. Dia mengatakan, zakat berpotensi meningkatkan kesejahteraan bagi mereka yang duafa.

 

"Dan itulah yang menjadi dasar kita mengambil tema itu. Semua menyadari dibalik kemajuan perekonomian ada tanggung jawab sosial yang besar," kata Anies. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement