Ahad 19 May 2019 22:30 WIB

Kategori Al-Gharimin

Al-Gharimin artinya orang yang berutang.

Zakat
Foto: Antara
Zakat

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Assalamualaikum wr wb Ustaz, saya ingin bertanya mengenai mustahik zakat, yaitu al-gharimin atau orang yang berutang. Apakan benar semua orang yang berutang termasuk mereka yang berhak mendapatkan harta zakat? Jika benar, betapa banyak orang yang berutang.

Bukankah rumah, kendaraan, bahkan banyak benda kecil seperti telepon genggam saat ini dapat kita beli dengan sistem mencicil alias kredit? Golongan mustahik zakat seperti apakah yang berhak menerima zakat? 

Lukman Hakim, Lamongan 

Waalaikumsalam wr wb Tidak semua orang yang punya utang dapat dikategorikan ke dalam deretan al-gharimin yang karenanya maka secara otomatis menjadi mustahik, lalu boleh dibayar/dilunasi utangnya dengan dana zakat sebagaimana termaktub dalam Alquran (surah al-Taubah (9): 60).

Ada beberapa kriteria yang menyebabkan seseorang boleh dikategorikan ke dalam al-gharimin, yang Anda bisa membacanya dalam ruang konsultasi ini ketika menjawab pertanyaan lain yang serupa atau bahkan sama dengan yang Anda tanyakan.

Untuk orang-orang yang memiliki utang semata-mata karena kredit untuk kepentingan harta yang kelak dia miliki, seperti kredit rumah, kendaraan, dan lain-lain sebagaimana banyak terjadi di masyarakat kita dewasa ini, maka itu tidak serta-merta menjadi al-gharimin yang berhak menerima dana zakat untuk membayar/melunasi utangnya.

Sebab, selain yang bersangkutan masih tetap tergolong ke dalam deretan orang-orang mampu dalam pengertian masih memiliki harta, juga mengingat semua yang dia kreditkan itu pada akhirnya akan menjadi hak milik pribadinya begitu kredit dinyatakan lunas.

Malahan, dia dikenai wajib bayar zakat atas harta kekayaan yang dimilikinya itu, terutama kalau harta yang dia kredit itu bersifat produktif. Demikian jawabannya Lukman, semoga mudah dipahami dan diindahkan. Terima kasih. 

Pengasuh:

Amin Suma

sumber : Dialog Jumat Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement