Kamis 16 May 2019 18:30 WIB

Digizakat Jawab Tantangan Pengumpulan Zakat di Indonesia

Digizakat akan menjadi ekosistem digital gerakan zakat di Indonesia.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agung Sasongko
zakat
zakat

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Tantangan dan keluhan yang terkait dengan pengumpulan zakat di Indonesia mendorong Forum Zakat (FOZ) untuk membuat sebuah gagasan baru dalam digitalisasi zakat. Hal itu kemudian dituangkan melalui soft launching platform Digizakat beberapa waktu lalu.

Direktur Eksekutif Forum Zakat (FOZ), Agus Budiyanto, mengatakan platform ini akan menjadi ekosistem digital gerakan zakat di Indonesia. Di platform Digizakat ini, orang bisa melihat semua informasi tentang zakat.

"Digizakat.com bukan hanya situs crowd funding, namun segala informasi tentang zakat ada di platform ini," kata Agus, melalui pesan elektronik kepada Republika.co.id.

Ia melanjutkan, ekosistem zakat yang terbentuk dalam Digizakat nantinya akan memicu dampak terjadinya diskusi zakat di banyak kantor-kantor zakat, membuat masyarakat teredukasi, dan diharapkan berdampak pada penurunan angka kemiskinan. Menurutnya, posisi zakat di Indonesia khususnya akan semakin strategis.

Dalam pengelolaan Digizakat ini, FOZ menggandeng Developer Aplikasi Yaumi sebagai tim teknologi. Digizakat juga dikelola dengan start up model agar pergerakannya lebih cepat dan progressif, karena tim Digizakat juga diisi oleh milenial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement