Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

IZI Salurkan Donasi Ramadhan Hingga ke Daerah 3T

Selasa 14 May 2019 19:48 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Hasanul Rizqa

Paparan Ekspedisi Ramadhan 1440 H yang dilakukan Ikatan Zakat Indonesia (IZI) yang diadakan di Condet Festival Resto, Jakarta Timur, Selasa (14/5).

Paparan Ekspedisi Ramadhan 1440 H yang dilakukan Ikatan Zakat Indonesia (IZI) yang diadakan di Condet Festival Resto, Jakarta Timur, Selasa (14/5).

Foto: Republika/Rahma Sulistya
Beberapa titik di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) dijangkau IZI di Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ekspedisi Ramadhan menjadi rangkaian kegiatan andalan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI). Tujuannya membantu para mustahik sepanjang bulan suci ini. “Kami menyampaikan amanah sampai ke daerah yang susah dijangkau, dan ini adalah kenikmatan yang Allah berikan,” ujar Direktur Utama IZI, Wildan Dewayana dalam paparan Ekpedisi IZI Ramadhan 1440 H di Condet Festival Resto, Jakarta Timur, Selasa (14/5).

Baca Juga

Selama Ramadhan tahun ini, IZI menyasar para mustahik di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, terluar). Ada sebanyak 10 titik yang menjadi lokasi para penerima manfaat. Misalnya, di Sambas, Kalimantan Barat; Singkawang, Kalimantan Barat; Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT); Jeneponto, Sulawesi Selatan; Seluma, Bengkulu; Sorong, Papua Barat; Sebatik-Nunukan, Kalimantan Utara; Pulau Seram, Maluku; Karo Sinabung, Sumatera Utara; dan Dili, Timor Leste.

Distribusi paket bantuan IZI sudah mulai dilakukan sejak H-7 Ramadhan ke titik-titik tersebut. “Kami ingin laporkan sedikit apa yang kami lakukan, dalam bentuk Ekspedisi Ramadhan. Ini wujud pertanggungjawaban kami terhadap umat,” jelas Wildan.

Dia meneruskan, pihaknya mengajak segenap masyarakat untuk melakukan kebaikan selama Ramadhan melalui IZI. Dengan Ekspedisi Ramadhan, IZI berupaya menjangkau daerah-daerah pelosok. Jarak tempuh yang cukup jauh, medan yang terjal, serta sulitnya akses komunikasi, menjadi rintangan yang mesti diatasi.

Salah satu wilayah sasaran donasi adalah Sorong, Papua. Wildan menuturkan, tim IZI harus melalui empat jam perjalanan dengan kondisi medan yang berlubang dan berkerikil. Akses kadangkala hanya bisa ditembus kendaraan khusus. “Ini pertanggungjawaban dunia dan akhirat artinya kepada umat dan kepada Tuhan,” ujar Wildan.

Salah seorang direksi IZI, Rizqi Rohmat, ikut langsung melakukan Ekspedisi Ramadhan di Sorong, Papua ini, dan menjelaskan bagaimana ini merupakan bantuan yang sangat tepat sasaran. Potret mustahik di wilayah 3T ini kondisinya sangat memprihatinkan, kehidupan mereka jauh dari perkotaan dan membatasi aktivitas yang dapat memajukan kehidupan mereka.

“Semoga penumpukkan bantuan yang pernah terjadi di perkotaan tidak terulang lagi, karena ternyata masih banyak saudara-saudara di luar sana yang butuh uluran tangan kita, bahkan ada yang sama sekali belum pernah mendapatkan bantuan. Mudah-mudahan dengan adanya penyaluran paket ke wilayah 3T, bisa menambah kepedulian kita terhadap masyarakat pedalaman sana,” papar Rizqi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA