Jumat 03 May 2019 15:24 WIB

Sambut Ramadhan, Baznas Gelar Pawai Simpatik

Pawai bertujuan untuk menguatkan semarak berzakat.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Zakat
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar pawai simpatik untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah. Pawai  bertujuan untuk menguatkan semarak berzakat masyarakat Muslim Indonesia.

Ketua Panitia Nasional Ramadan Baznas Romidi Karnawan dalam orasinya mengatakan, Ramadhan harus disambut dengan hati yang lapang. Termasuk saling memberi maaf dan memaafkan sehingga berlomba-lomba meraih kebaikan dapat dijalankan dengan khusyuk.

Baca Juga

"Zakat, infak, dan sedekah menjadi jalan kita dalam mendapat kebaikan dan keberkahan Ramadhan. Bukan hanya karena ibadah bagi Muslim yang wajib ditunaikan, tiga hal ini memiliki dampak sosial yang mampu menumbuhkan peradaban. Zakat Tumbuh Bermanfaat yang dapat dirasakan oleh semua golongan," ujarnya melalui siaran pers, Jumat, (3/5).

Pawai simpatik ini diselenggarakan pada Jumat pagi. Diawali doa bersama, para peserta berangkat long march dari Kantor Baznas di Kebon Sirih menuju Lapangan Monas, Jakarta Pusat.

Romidi menjelaskan, saat Ramadhan, semangat umat Muslim dalam beribadah semakin tinggi. Maka Baznas meningkatkan pelayanan dan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat yang gemar berbagi.

Beberapa program pelayanan supaya lebih dekat ke masyarakat, di antaranya bekerja sama dengan berbagai macam platform digital. Mulai dari fintech, e-commerce seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Kitabisa.com, serta lainnya.

Baznas pun membuka gerai zakat di mal-mal besar yang juga bekerja sama dengan Lippo Malls Indonesia. Gerai zakat ini tersebar di beberapa daerah mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, hingga Nusa Tenggara Timur.

"Peningkatan pelayanan ini dilakukan Baznas untuk mempermudah masyarakat menunaikan kewajibannya. Pawai Simpatik yang dilakukan Baznas hari ini juga sebagai penanda dimulainya program-program Ramadhan yang dilakukan Baznas dalam melayani para mustahik," kata Romidi.

Dirinya berharap, peningkatan pelayanan tersebut bisa mengumpulkan lebih banyak dana bantuan sehingga penerima manfaat juga semakin banyak. "Keberkahan Ramadhan diharapkan bisa dirasakan oleh semua termasuk saudara-saudara kita yang belum dapat perhatian," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement