Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Pawai Taaruf Tandai Dimulainya STQ XXII Kalimantan Tengah

Jumat 26 Apr 2019 19:39 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Umat muslim membaca Alquran atau tadarusan di sebuah masjid. (ilustrasi)

Umat muslim membaca Alquran atau tadarusan di sebuah masjid. (ilustrasi)

Foto: Antara/Jojon
Pawai taaruf sarana menjalin komunikasi antarkafilah STQ.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKARAYA— Pawai taaruf pada Jumat dengan 14 kafilah menjadi penanda dimulai rangkaian Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca Juga

"Pawai ini sebagai sarana menjalin komunikasi serta perkenalan sesama kafilah maupun kepada masyarakat," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri di Palangka Raya, Jumat (26/4).

Pawai taaruf dimulai dari Bundaran Besar Palangka Raya dengan rute meliputi Jalan Ahmad Yani dan sekitarnya. Kegiatan itu diikuti 14 kafilah perwakilan dari kabupaten dan kota, organisasi perangkat daerah di lingkup pemprov, serta sejumlah sekolah di daerah itu.

Fahrizal mengharapkan pawai taaruf mampu menarik perhatian masyarakat sehingga mereka beramai-ramai datang dan menyaksikan upacara pembukaan STQ tingkat provinsi setempat yang akan dimulai pada Jumat malam.

"Upacara pembukaan akan digelar nanti malam di arena utama yang berada di Stadion Sanaman Mantikei Palangka Raya," kata dia di sela pelepasan peserta Pawai Taaruf itu.

Namun, kata dia, sebelum upacara pembukaan tersebut, terlebih dahulu akan dilakukan pembukaan pameran dan pasar rakyat di Jalan AIS Nasution Palangka Raya. Pembukaan pameran dan pasar rakyat itu setelah berlangsung pawai taaruf.

Dia mengharapkan pameran dan pasar rakyat menjadi penambah nilai ekonomi karena transaksi jual beli di masyarakat sehingga STQ tidak hanya menjadi ajang kompetisi, namun juga berkontribusi terhadap perekonomian di daerah setempat.

"Adanya pameran yang diikuti oleh masing-masing kafilah kabupaten/kota juga menjadi sarana promosi berbagai produk unggulan daerah guna memperluas jaringan dan jangkauan pemasaran yang mereka miliki," kata Fahrizal.

Upacara pembukaan STQ XXII Kalteng juga akan dimeriahkan dengan penampilan band asal ibu kota, yakni Wali Band. Pihaknya berharap, penyelenggaraan STQ di provinsi itu berjalan sukses dan lancar, serta mendapatkan dukungan penuh masyarakat setempat.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA