Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Rumah Zakat Terus Monitor Peternak Binaan

Jumat 15 Mar 2019 15:54 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Rumah Zakat terus memonitor dan membina peternak binaan.

Rumah Zakat terus memonitor dan membina peternak binaan.

Foto: rumah zakat
Rumah Zakat juga melakukan pemberdayaan pendidikan.

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGGLANG -- Rumah Zakat terus melakukan monitoring dan pembinaan kepada peternak binaan. Hal ini selain menjalin hubungan silaturahim juga sebagai bentuk pendampingan dan penguatan kepada para penerima manfaat dalam menjalankan usaha ternaknya.

Baca Juga

Kang Agus selaku fasilitator desa berdaya Cijuk Kecamatan Cadasri Kabupaten Pandeglang mengunjungi salah satu peternak ayam kampung yaitu Ismail (45 tahun). Ia merupakan ketua kelompok ternak.

Dalam kesempatan itu, Agus menyampaikan musim penghujan ini rentan sekali terhadap wabah penyakit. Maka, perlu diperhatikan kebersihan kandang, pemberian pakan yang baik serta pemberian obat yang tepat.

photo

Rumah Zakat terus melakukan monitoring dan pembinaan kepada peternak binaan.

Ketika ada ayam yang mati maka langsung dibakar atau dikubur agar tidak menyebar virusnya. Dia juga merasa berterima kasih adanya monitoring ini, manfaatnya ia dan aggota kelompok ternak lainnya bisa bersemangat dan terus mencoba belajar untuk meningkatkan kualitas ternak yang lebih baik.

"Kami sekarang sedang menjaga sekitar 6 ekor ayam betina yang sedang menjalani program pembibitan, sekarang bobotnya sudah 2 kg, ayam tersebut akan dijadikan indukan dan dimanfaatkan juga telurnya untuk jadikan usaha," kata dia.

Ini merupakan salah satu contoh program pemberdayaan peternak yang dilakukan Rumah Zakat di 1.371 desa berdaya Rumah Zakat. Rumah Zakat juga melakukan pemberdayaan pendidikan, pemberdayaan ekonomi, pemberdayaan kesehatan dan pemberdayaan lingkungan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA