Selasa 12 Mar 2019 23:02 WIB

Kampung Cahaya Berdaya YBM PLN Bantu Perekonomian Warga

Kampung Cahaya Berdaya merupakan program pemberdayaan masyarakat desa.

Kampung Cahaya Berdaya. YBM PLN gandeng Rumah Zakat meluncurkan Program Kampung Cahaya Berdaya.
Foto: Rumah Zakat
Kampung Cahaya Berdaya. YBM PLN gandeng Rumah Zakat meluncurkan Program Kampung Cahaya Berdaya.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Yayasan Baitul Mal Perusahaan Listrik Negara (YBM PLN) Teluk sirih bersama Rumah Zakat meluncurkan program Kampung Cahaya Berdaya di Desa Teluk Buo Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Kampung Cahaya Berdaya merupakan program pemberdayaan masyarakat desa melalui aktivitas pembinaan dan pendampingan yang mendorong ke arah kemandirian warga.

Baca Juga

Program Kampung Cahaya Berdaya YBM PLN Teluk Sirih launching pertama kali pada bulan November 2018. Program yang dilaksanakan terdiri dari pembinaan masyarakat serta program bantuan ekonomi.

photo
YBM PLN gandeng Rumah Zakat launching Program Kampung Cahaya Berdaya.

Pembinaan masyarakat dilaksanakan minimal 1 bulan 1 kali Melalui kegiatan majelis taklim. Sementara itu program bantuan ekonomi diberikan kepada 10 orang penerima manfaat yang merupakan warga yang telah memilki usaha olahan makanan khas Sumatera Barat, seperti Rakik Maco yaitu makanan sejenis rempeyek dengan rasa pedas dengan campuran ikan Maco.

Bantuan ekonomi yang diberikan kepada penerima manfaat berupa bantuan modal usaha serta pendampingan setiap bulan. Dalam tiga bulan terakhir program ini telah memberikan dampak positif berupa peningkatan pendapatan penerima manfaat dengan rata-rata peningkatan kenaikan 22 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement