Kamis 28 Feb 2019 19:26 WIB

Biografi Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari

Syekh Arsyad al-Banjari berperan besar dalam dakwah Islam di Nusantara.

(ilustrasi) Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari
Foto:

Pada 1772, Syekh Muhammad Arsyad akhirnya tiba di Banjar. Saat itu, Sultan Tahlilullah II menggantikan sultan sebelumnya yang telah wafat. Perayaan pun digelar di ibu kota kerajaan tersebut demi menyambut kedatangannya dari Tanah Suci.

Sultan Tahlilullah II lantas memberikan kepadanya kedudukan sebagai kadi negeri. Jabatan ini setara dengan penasihat raja. Meski begitu, mahaguru ini lebih memilih tinggal di luar istana. Dia kemudian mendirikan Pesantren Dalam Pagar di atas tanah milik sultan. Penguasa Banjar itu menghadiahkan kawasan tersebut yang terletak di sekitar desa tempat kelahiran sang syekh.

Syekh Muhammad Arsyad juga giat menulis. Beberapa karyanya membicarakan masalah-masalah fiqih mazhab Syafii dan tasawuf. Karya-karyanya yang kerap diulas mendalam adalah Sabi al-Muhtadin li at-Tafaqquh fi Amriddin, Kitab Kanz al-Makrifah, Kitab Ushuluddin, Kitab Nuqtatul Ajlan, Tuhfat al-Raghibin, Luqtat al-’Ijlan fi Bayan al-Haid wa Istihada wa Nifas al-Niswan, al-Qawl al-Mukhtasar, dan Kitab Fara’id.

Sayangnya, masih banyak kitab karangannya yang tidak terlacak keberadaannya hingga zaman sekarang. Bagaimanapun, karya-karyanya yang tersedia sampai saat ini terus dipakai di sejumlah lembaga pendidikan, baik dalam maupun luar negeri.

Sabi al-Muhtadin, misalnya, merupakan buku monumental tentang fiqih mazhab Imam Syafii yang terdiri atas dua jilid. Buah pemikirannya tidak hanya melalui buku-buku karangannya. Tidak sedikit dari muridnya juga menghimpun ceramah-ceramah sang syekh ke dalam beberapa buku.

Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari wafat dalam usia yang melampaui satu abad, 108 tahun, pada 1812. Sampai saat ini, namanya tetap dikenang sebagai ulama Kalimantan pelopor dakwah Islam di Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement