Jumat 22 Feb 2019 14:31 WIB

Meneladani Waliyullah dengan Ziarah ke Makam Sunan Gresik

Sunan Gresik salah satu wali yang menyebarkan Islam ke Nusantara

Berziarah ke Makam Sunan Gresik di Jawa Timur.
Foto: Istimewa
Berziarah ke Makam Sunan Gresik di Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (MS PKS) Habib Salim Segaf Al-Jufri menyampaikan keutamaan serta pentingnya ziarah ke makam-makam para waliyullah yang menyebarkan Islam ke seluruh pelosok Nusantara.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Habib Salim Al dalam lawatan  di Jawa Timur dengan melakukan ziarah dan tahlil di makam salah seorang Wali Songo, yakni Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik.

Dalam ziarah dan tahlil tersebut, selain bersama mantan gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan alias Aher dan Ketua Himpunan Da'i Muda Indonesia Habib Idrus Al-Jufri, juga ikut dalam rombongan penasihat FPI Jatim Habib Muhammad Idrus Al-Habsyi dan Habib Hasan bin Abdullah Assegaf, serta caleg DPR RI Ahmad Iqbal.

"Dengan berziarah, kita bisa meneladani semangat para waliyullah, juga menapaktilasi perjuangan beliau-beliau. Selain itu bersilaturrahim dengan sanak keluarga dan keturunan mereka. Ini luar biasa. Penuh barokah," ujar Habib Salim dalam keterangan, Jumat, (22/2).

Setelah berziarah, Habib Salim menyempatkan menengok salah satu panti asuhan dan madrasah tertua yang berada di seberang kompleks makam, yakni Madrasah Ibtidaiyah Fathimiyah di Jalan Malik Ibrahim. "Saya menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada pengelola panti asuhan dan madrasah yang istiqamah mulai berdirinya tahun 1939 hingga kini telah mendapat akreditasi A," tutur Habib Salim.

Usai mengunjungi madrasah, Habib Salim melakukan ziarah dan tahlil di makam Habib Abubakar Al-Qutb bin Muhammad Assegaf dan Habib Alwi bin Muhammad Hasyim Assegaf di kompleks Masjid Jami' Gresik. bahwa Habib Salim diketahui rutin menghadiri Haul Habib Abubakar setiap tahunnya. Setelah berziarah dan tahlil, Habib Salim dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Pondok Pesantren Al-Karimi di Tebuwung, Gresik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement