Jumat 30 Nov 2018 23:37 WIB

Relawan Human Concern Internasional Peduli Gempa Sulteng

Aksi penyaluran bantuan ini diharapkan dapat memberi keringanan.

Relawan Human Concern Internasional (HCI) menyalurkan bantuan korban gempa Sigi.
Foto: Rumah Zakat
Relawan Human Concern Internasional (HCI) menyalurkan bantuan korban gempa Sigi.

REPUBLIKA.CO.ID, SIGI -- Para Relawan yang tergabung dalam Human Concern Internasional (HCI) telah melaksanakan misi kemanusiaan. Peninjauan dilakukan terhadap salah satu desa terdampak bencana Gempa Bumi yang berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) di Kabupaten Sigi. Jangkauan daerah yang akan dituju oleh para relawan HCI sebagai target tempat penyaluran bantuan bencana kali ini adalah Desa Pulu, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi.

Selain melakukan peninjauan di Desa Pulu, para Relawan juga memberikan paket bantuan yang terdiri dari 100 karung beras, 100 paket pangan, 100 selimut, dan 25 set cooking chef khusus bagi warga yang rumahnya rata dengan tanah.

Pada saat sampai di Desa Pulu, para Relawan menghubungi aparat desa untuk membantu mengatur warga dengan tertib untuk memudahkan para Relawan membagikan bantuan secara merata pada masyarakat sekitar karena masih ada sebagian warga yang tinggal di tempat pengungsian. Parlin selaku kordinator berharap aksi penyaluran bantuan ini dapat memberi keringanan bagi warga terdampak bencana.

“Sebelum kami menyalurkan bantuan di Desa Pulu, kami terlebih dahulu sudah melakukan survei di Desa tersebut. Dengan data survei yang kami dapatkan, maka kami menyalurkan bantuan hari ini. Harapan kami dari penyaluran ini yaitu mampu membuat masyarakat sekitar tersenyum dan kembali lagi dari trauma pascabencana gempa bumi yang melanda Sulawesi Tengah pada tanggal 28 september lalu,” ujar Parlin. 

Warga mengaku senang menerima bantuan. “Kami sangat berterima kasih kepada para relawan karena kami bisa menerima kompor untuk memasak kembali, karena sehari-hari kami memasak menggunakan kayu bakar,” ungkap Tofan, salah satu ibu di pengungsian.

Program ini tidak lepas dari uluran tangan donatur yang telah menitipkan amanahnya melalui Rumah Zakat. Rumah Zakat terus mengajak untuk membantu Sulawesi Tengah bangkit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement