Jumat 09 Nov 2018 23:45 WIB

Peternak Kelinci Binaan RZ Tambah Kapasitas Ternak

Dengan kandang baru maka kapasitas ternak kelinci akan meningkat dua kali lipat.

Peternak kelinci binaam Rumah Zakat.
Foto: Rumah Zakat
Peternak kelinci binaam Rumah Zakat.

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Pesanan kandang bantuan dari Rumah Zakat yang sudah cukup lama ditunggu oleh tiga peternak kelinci binaan Rumah Zakat akhirnya datang juga sore ini Ahad (4/11). Agus Sofian, salah satu peternak binaan Rumah Zakat mengungkapkan dengan adanya kandang baru maka kapasitas ternak kelinci akan meningkat dua kali lipat.

Agus optimistis ternak kelinci yang ia geluti akan menghasilkan nilai ekonomi tinggi. Setidaknya dalam pelaksanaan Temanggung Fair yang berlangsung 5 hari sejak 1 hingga 5 November 2018, seluruh kelinci yang dibawa ke event tersebut ludes terjual.

Kelinci memang hewan yang unik. Disamping laku sebagai hewan pedaging, kelinci juga laku sebagai hewan hias. Bahkan kelinci yang baru berumur satu bulan sudah sangat diminati untuk dibeli karena hewan ini nampak lucu.

Anantiyo Widodo, Fasilitator Rumah Zakat sekaligus pembina Kelompok Ternak Kelinci Berdaya Desa Kedungumpul menyampaikan perlu adanya edukasi khusus untuk peternak.

"Para peternak disini masih perlu edukasi khusu mengenai budidaya kelinci pedaging dan kelinci hias. Salahsatunya adalah tentang pembedaan kandang. Oleh karena itu pemberian kandang menjadi langkah awal," ujarnya seperti dalam siaran pers.

Bantuan kandang dari Rumah Zakat ini, lanjut Anantioyo, dimaksudkan agar para peternak disiplin melakukan pemisahan ternak saat diperlukan untuk mencapai produktifitas yang optimal. Keberadaan kandang baru juga sangat dibutuhkan untuk pemisahan anak-anak kelinci dari induknya saat anak kelinci berumur 35 hari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement