Selasa 06 Nov 2018 14:39 WIB

ACT Bersama Bupati Gunungkidul Sinergi Program Kemanusiaan

Diharapkan ACT dan Pemerintah dapat bersama-sama menyejahterakan masyarakat.

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Gita Amanda
 Relawan ACT DIY melakukan dropping air bersih di Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul.
Foto: Dokumen.
Relawan ACT DIY melakukan dropping air bersih di Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul.

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL -- Kabupaten Gunungkidul disamping memiliki potensi wisata yang terus berkembang, ternyata juga masih memiliki banyak permasalahan kemanusiaan. Misalnya  kekeringan yang hampir selalu terjadi setiap tahun.

Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY sebagai lembaga Kemanusiaan Global tak hanya peduli dengan isu nasional maupun internasional, tetapi juga isu lokal di DIY. Beberapa program unggulan yang sering dilakukan di Gunungkidul adalah wakaf sumur dan dropping air untuk mengatasi masalah kekeringan.

Untuk lebih menguatkan aksi kemanusiaan yang sudah dilakukan di Gunungkidul ACT DIY melakukan audiensi kepada Bupati Gunungkidul beserta jajaran Pemkab Gunungkidul pada Selasa (6/11).

Kepala Cabang ACT DIY Agus Budi Hariyadi yang hadir bersama jajaran staffnya menyampaikan progress program yang telah dilakukan di Gunungkidul selama ini. “Alhamdulillah, sampai dengan bulan oktober 2018, ada sebanyak 15 titik wakaf sumur berupa sumur bor yang dibangun oleh Global Wakaf-ACT DIY sebagai solusi jangka panjang mengatasi kekeringan. Harapannya program-program semacam ini dapat lebih maksimal dengan sinergi bersama Pemerintah Kabupaten Gunungkidul,” harap Budi.

Menurut Budi, sejak semalam beberapa titik di Gunungkidul diguyur hujan contohnya di Kecamatan Girisubo, akan tetapi hujan yang baru sekali ini belum dapat mengisi sumber-sumber mata air yang telah mengering. "Kita perlu memutus permasalahan kekeringan tahunan yang melanda Gunungkidul,” tambah Budi.

Sementara itu Bupati Gunungkidul Hj Badingah, S.Sos, mengungkapkan terima kasih kepada ACT yang turut membantu permasalahan kekeringan di Gunungkidul. "Terima kasih atas program dari ACT yang berupa sumur bor, dropping air bersih dan lain-lain, harapan kami semoga ACT bersama Pemerintah Gunungkidul dapat bersama-sama menyejahterakan masyarakat Gunungkidul dan melakukan program secara berkelanjutan,” tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement